Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Peningkatan Pemahaman Konsep dan Komunikasi Matematis Siswa dengan Model Pembelajaran IMPROVE Pada Siswa Kelas VIII-D MTs Negeri Loano Tahun Pelajaran 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Mahmudah, Yulia Khayatul
dc.date.accessioned 2018-02-10T06:38:02Z
dc.date.available 2018-02-10T06:38:02Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2012
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) pemahaman konsep siswa; (2) Komunikasi matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran IMPROVE. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Tahap penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tindakan pelaksanaan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-D MTs Negeri Loano tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran IMPROVE dapat meningkatkan 1) pemahaman konsep ditunjukkan dengan perolehan hasil tes evaluasi pemahaman konsep pada siklus I dengan rerata persentase yaitu 41,9% dalam kategori kurang sekali, dengan memberikan latihan-latihan soal tentang fungsi kemudian meningkat menjadi 80,6% dalam kategori baik pada siklus II. 2) komunikasi matematis siswa ditunjukkan dengan perolehan hasil observasi komunikasi matematis pada siklus I sebesar 44,5% dalam kategori kurang sekali, dengan membimbing siswa menggunakan pertanyaan yang membangun pengetahuan agar siswa berani mengungkapkan pendapatnya atau menjawab pertanyaan. Kemudian meningkat menjadi 79,5% dalam kategori baik pada siklus II Dengan demikian model pembelajaran IMPROVE dapat meningkatkan pemahaman konsep dan komunikasi matematis siswa. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject pemahaman konsep, komunikasi matematis, IMPROVE en_US
dc.title Peningkatan Pemahaman Konsep dan Komunikasi Matematis Siswa dengan Model Pembelajaran IMPROVE Pada Siswa Kelas VIII-D MTs Negeri Loano Tahun Pelajaran 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account