dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode pembelajaran TTW dapat
meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas VIII A SMP Takhasus
“Nuril Anwar” Maron Loano Purworejo
Jenis penelitian ini adalah Classrom Action Research (CAR) yang terdiri dari
2 siklus pembelajaran. Pengumpulan data motivasi belajar menggunakan angket
dan observasi. Sedangkan data prestasi belajar diperoleh menggunakan tes.
Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Takhasus Nuril Anwar
sebanyak 32 orang. Analisis data menggunakan analisis deskriptif .
Hasil menunjukkan penerapan metode TTW dapat meningkatkan motivasi
belajar matematika siswa kelas VIII A SMP Takhasus Nurul Anwar Loano. Hal
ini ditunjukkan oleh peningkatan hasil observasi dan hasil angket motivasi belajar
siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh persentase rerata motivasi
belajar berdasarkan lembar observasi sebesar 70,7% dalam menjadi 81,1% pada
siklus II, persentase hasil angket motivasi belajar siswa pada siklus I adalah
60,7% meningkat menjadi 80,4 pada siklus II. Penerapan metode TTW dapat
meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII A SMP Takhasus Nurul
Anwar Loano. Hal ini ditunjukkan oleh peningkatan persentase hasil belajar
matematika siswa pada siklus I, siswa yang telah mencapai Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM) sebanyak 48,75% dengan rata-rata nilai 64,78 meningkat
menjadi 78,125% pada siklus II dengan rata-rata nilai 78,75. |
en_US |