Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

“Media Gambar Karikatur sebagai Peningkatan Keterampilan Menulis Argumentasi Kelas X SMA Pancasila Purworejo Tahun Ajaran 2013/2014”.

Show simple item record

dc.contributor.author Sulastri, Erin
dc.date.accessioned 2018-02-10T07:20:47Z
dc.date.available 2018-02-10T07:20:47Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2029
dc.description.abstract enelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan pembelajaran keterampilan menulis argumentasi dengan media gambar karikatur (2) pengaruh motivasi belajar siswa dalam pembelajaran menulis argumentasi dengan media gambar karikatur (3) peningkatan keterampilan menulis argumentasi. Penelitian tindakan kelas initerdiri dari empat komponen, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, dan melalui dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X B SMA Pancasila Purworejo tahun pelajaran 2013/2014. Data yang diperoleh berupa penerapan pembelajaran keterampilan menulis argumentasi dengan media gambar karikatur dan peningkatan keterampilan menulis argumentasi dengan media gambar karikatur. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik tes dan nontes. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Dalam penyajian data digunakan teknik penyajian formal. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan (1) penerapan menulis dalam pembelajaran menulis argumentasi pada siklus I dan siklus II, dengan (a)Pada proses pembelajaran prasiklus, siswa menulis paragraf argumentasi tanpa menggunakan media karikatur. (b) Pada siklus I, siswa menulis argumentasi dengan menggunakan satugambar karikatur yang telah disiapkan dan ditentukan peneliti. (c) Pada siklus II, siswa menulis argumentasi dengan menggunakan empat gambar karikatur yang disediakan peneliti, dan siswa bebas memilih karikatur yang akan dijadikan sebagai objek tulisan. Kegiatan prasiklus, siklus I, siklus II sama-sama dilaksanakan empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. (2) Pengaruh motivasi belajar siswa dalam pembelajaran menulis argumentasi dengan media gambar karikatur dibuktikan dengan adanya peningkatan pada siklus Iidenganhasil observasi, (a) siswa memperhatikan penjelasan guru dengan baik sebesar 90,62%, (b) siswa aktif bertanya, menjawab dan berkomentar mengenai materi yang diberikan oleh guru saat berdiskusi sebesar 93,75%, (c) keseriusan siswa ketika menulis argumentasi sebesar 100%, (d) siswa membuat catatan pokok-pokok argumentasi sebesar 90,62%, (e) siswa antusias ketika menulis argumentasi sebesar 96,87%. (3) Peningkatan keterampilan menulis argumentasi dapat dibuktikan dengan adanya hasil tes pada prasiklus menunjukan nilai rata-rata kelas sebesar 63,62% dalam kategori kurang. Pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat dengan signifikan menjadi 73,43% dalam kategori baik. Pada siklus II, nilai rata-rata yang dicapai sebesar 86,43% dan termasuk dalam ketegori sangat baik. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject keterampilan menulis, argumentasi, media gambar karikatur en_US
dc.title “Media Gambar Karikatur sebagai Peningkatan Keterampilan Menulis Argumentasi Kelas X SMA Pancasila Purworejo Tahun Ajaran 2013/2014”. en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account