Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis, Kreatif, dan Prestasi Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving Pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 28 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Pratiwi, Dwi
dc.date.accessioned 2018-02-10T07:28:14Z
dc.date.available 2018-02-10T07:28:14Z
dc.date.issued 2015
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2033
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis, kreatif dan prestasi belajar siswa serta keterkaitan antara kemampuan berpikir kritis dan kreatif terhadap prestasi belajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 28 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 32 siswa, yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, angket, tes dan dokumentasi. Semua data yang dikumpulkan dianalisis secara kuantitatif dan dideskripsiksikan secara kualitatif. Hasil penelitian kualitatif memberikan gambaran bahwa model pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kreatif dan prestasi belajar siswa. Hal tersebut didukung dengan data kuantitatif yang menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa yang ditujukan pada lembar observasi dari 65,89% dengan kategori “cukup” pada siklus I menjadi 80,86% dengan kategori “baik” pada siklus II. Sedangkan pada lembar angket kemampuan berpikir kreatif siswa dari 67,81% dengan kategori “cukup” pada siklus I menjadi 78,54% dengan kategori “baik” pada siklus II. Sedangkan tes kemampuan berpikir kritis siswa dari 69,01% dengan kategori “cukup” pada siklus I menjadi 77,60% dengan kategori “baik” pada siklus II . Untuk tes kemampuan berpikir kreatif siswa dari 59,77% dengan kategori “cukup” pada siklus I menjadi 76,17% dengan kategori “baik” pada siklus II. Dengan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa yang baik juga mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 65,31 dengan ketuntasan belajar mencapai 46,88% pada siklus I menjadi 77,03 dengan ketuntasan belajar 78,13%. Dari hal tersebut juga menunjukkan bahwa terdapat keterkaitan kemampuan berpikir kritis dan kreatif terhadap prestasi belajar mencapai 0,797 dengan kategori kuat pada siklus I dan 0,979 dengan kategori sangat kuat pada siklus II. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject berpikir kritis, berpikir kreatif, prestasi belajar, Problem Solving en_US
dc.title Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis, Kreatif, dan Prestasi Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving Pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 28 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account