Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Penerapan Model Pembelajaran STADKombinasi Talking Stick Pada Peningkatan Rasa Percaya Diri Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIID MTs N Kaleng Puring Tahun Pelajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Permana, Fitroh Alifsa Wida
dc.date.accessioned 2018-02-10T07:32:03Z
dc.date.available 2018-02-10T07:32:03Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2034
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahuipeningkatan rasa percaya diri dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIID MTs N Kaleng Puring melalui model pembelajaran STAD kombinasi talking stick tahun pelajaran 2015/2016, danuntuk mengetahui keterkaitan antara rasa percaya diri dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIID MTs N Kaleng Puring melalui model pembelajaran STAD kombinasi talking stick tahun pelajaran 2015/2016. Penelitan ini merupakan PTK. Penelitian ini dimulai dari Mei 2015 sampai Januari 2016. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIID MTs N Kaleng Puring Tahun Pelajaran 2015/2016, yang terdiri dari 16 putra dan 15 putri. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan.Instrumenpenelitianmenggunakanlembarobservasi, lembarangketdantes.Analisis data menggunakan rumus rata-rata (mean) dan persentase. Hasil penelitian menunjukan peningkatan rasa percaya diri dan prestasi belajar matematika siswa. Dari keadaan siswa yang mulanya tidak percaya pada kemampuan sendiri, tidak bertindak mandiri dalam mengambil keputusan, tidak memiliki konsep yang positif, dan tidak berani mengungkapkan pendapat dalam pembelajaran mengalami peningkatam. Rata-rata persentase rasa percaya diri siswa berdasarkan observasi pada siklus I sebesar 68,55% dengan kriteria cukupdan meningkat 13,53% pada siklus II menjadi 82,13% dengan kategori baik. Sedangkan rata-rata persentase rasa percaya diri berdasarkan pengolahan angket pada siklus I sebesar 73,85% dengan kategori cukup dan meningkat 22,07% pada siklus II menjadi 95,65% dengan kategori sangat baik. Meningkatnya rasa percaya diri siswa diikuti dengan meningkatnya prestasi belajar siswa dari siklus I dengan rerata 63,67 atau 29,03% meningkat pada siklus II menjadi 77,40 atau 77,42%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kombinasi Talking Stick dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa diikuti prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIID MTs N Kaleng Puring Tahun Pelajaran 2015/2016 dan korelasi siswa antara rasa percaya diri dan prestasi belajar matematika menunjukan sangat kuat yaitu mencapai angka 0,89. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject rasa percaya diri, prestasi belajar, STAD, Talking Stick en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran STADKombinasi Talking Stick Pada Peningkatan Rasa Percaya Diri Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIID MTs N Kaleng Puring Tahun Pelajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account