Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi dengan Media Gambar pada Siswa Kelas XI AK 3 SMK Tamtama Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014.

Show simple item record

dc.contributor.author Lutfia, Irsalina
dc.date.accessioned 2018-02-10T07:32:53Z
dc.date.available 2018-02-10T07:32:53Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2035
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) peningkatan kualitas proses pembelajaran menulis paragraf deskripsi menggunakan media gambar pada siswa kelas XI AK 3 SMK Tamtama Karanganyar tahun ajaran 2013/2014, (2) peningkatan keterampilan menulis paragraf deskripsi setelah memperoleh pembelajaran menggunakan media gambar pada siswa kelas XI AK 3 SMK Tamtama Karanganyar 2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Tamtama Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014, yang berjumlah 44 siswa. Teknik validitas data dilakukan dalam penelitian ini antara lain: triangulasi sumber data, tringulasi metode, dan reviu informan. Reviu informan digunakan untuk mengetahui kevalidan hasil wawancara. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui tes, dan nontes (observasi, angket, dan dokumentasi foto). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dan kualitatif. Dalam penyajian data digunakan informal. Dari hasil penelitian disimpulkan (1) peningkatan kualitas proses pembelajaran menulis paragraf deskripsi menggunakan media gambar. Pada prasiklus, rerata keseriusan siswa skor yang diperoleh adalah 68,18%, siklus I, meningkat menjadi 81,81%, dan siklus II, meningkat menjadi 90,91%. Kemampuan siswa bertanya dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi pada kegiatan prasiklus 13.63%, siklus I meningkat menjadi 25%, dan siklus II menjadi 36,37%. Antusias siswa selama proses pembelajaran pada kegiatan prasiklus adalah 63,63%, siklus I mengalami peningkatan menjadi 72,72%, dan siklus II meningkat menjadi 79,54%. Keseriusan siswa kelas XI AK 3 saat menulis paragraf pada kegiatan prasiklus 50%, siklus I mengalami peningkatan menjadi 68,18%, dan siklus II menjadi 77,27%. Antusias siswa saat menulis paragraf deskripsi pada kegiatan prasiklus 68,18%, siklus I meningkat menjadi 84,09%, dan siklus II meningkat menjadi 93,18%, (2) peningkatan keterampilan siswa kelas XI Akuntansi 3 SMK Tamtama Karanganyar setelah menggunakan media gambar pada kegiatan prasiklus, siklus I, dan siklus II meningkat. Nilai rata-rata prasiklus mancapai 65,65, setelah dilakukan siklus I, prestasi siswa meningkat menjadi 73,03. Nilai rata-rata siswa pada siklus II sebesar 80,70. Hal ini terbukti ada peningkatan keterampilan menulis paragraf deskripsi. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject Menulis paragraf deskripsi, media gambar, siswa SMK en_US
dc.title Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi dengan Media Gambar pada Siswa Kelas XI AK 3 SMK Tamtama Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014. en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account