dc.contributor.author |
Maharani, Keke Dwi |
|
dc.date.accessioned |
2018-02-10T07:34:47Z |
|
dc.date.available |
2018-02-10T07:34:47Z |
|
dc.date.issued |
2016 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2036 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini merupakan suatu penelitian eksperimen semu yang bertujuan
untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematika dan prestasi belajar
siswa yang dikenai model pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada
siswa yang dikenai model pembelajaran ceramah.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri
4 Kertek tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 139 siswa yang terbagi dalam 4
kelas. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster
random sampling dan diperoleh siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan
siswa kelas VII C sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes
pemahaman konsep matematika dan prestasi belajar siswa. Analisis data
menggunakan multivariat.
Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai rata-rata pemahaman
konsep matematika kelas eksperimen sebesar 84,7222 dan kelas kontrol sebesar
86,8421. Sedangkan nilai rata-rata prestasi belajar siswa kelas eksperimen sebesar
57,36111 dan kelas kontrol sebesar 62,6315. Hasil uji Chi-kuadrat Barlett dengan
taraf signifikansi 5% diperoleh 𝑥𝑜𝑏𝑠
2 = 1,66728 dan 𝑥𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙
2 = 5,991 sehingga 𝐻0
diterima dan 𝐻1 ditolak. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa pemahaman
konsep matematika siswa yang dikenai model pembelajaran berbasis masalah
tidak lebih baik atau sama dengan pemahaman konsep matematika siswa yang
dikenai model pembelajaran ceramah dan prestasi belajar siswa yang dikenai
model pembelajaran berbasis masalah tidak lebih baik atau sama dengan prestasi
belajar siswa yang dikenai model pembelajaran ceramah. |
en_US |
dc.publisher |
Pendidikan Matematika-FKIP |
en_US |
dc.subject |
Pembelajaran Berbasis Masalah, Pemahaman Konsep Matematika, Prestasi Belajar Siswa |
en_US |
dc.title |
Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Pemahaman Konsep Matematika dan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas VIII SMP N 4 Kertek Tahun Pelajaran 2015/2016 |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |