Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Pemahaman Konsep Matematika dan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas VIII SMP N 4 Kertek Tahun Pelajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Maharani, Keke Dwi
dc.date.accessioned 2018-02-10T07:34:47Z
dc.date.available 2018-02-10T07:34:47Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2036
dc.description.abstract Penelitian ini merupakan suatu penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematika dan prestasi belajar siswa yang dikenai model pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada siswa yang dikenai model pembelajaran ceramah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kertek tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 139 siswa yang terbagi dalam 4 kelas. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII C sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes pemahaman konsep matematika dan prestasi belajar siswa. Analisis data menggunakan multivariat. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai rata-rata pemahaman konsep matematika kelas eksperimen sebesar 84,7222 dan kelas kontrol sebesar 86,8421. Sedangkan nilai rata-rata prestasi belajar siswa kelas eksperimen sebesar 57,36111 dan kelas kontrol sebesar 62,6315. Hasil uji Chi-kuadrat Barlett dengan taraf signifikansi 5% diperoleh 𝑥𝑜𝑏𝑠 2 = 1,66728 dan 𝑥𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 2 = 5,991 sehingga 𝐻0 diterima dan 𝐻1 ditolak. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa yang dikenai model pembelajaran berbasis masalah tidak lebih baik atau sama dengan pemahaman konsep matematika siswa yang dikenai model pembelajaran ceramah dan prestasi belajar siswa yang dikenai model pembelajaran berbasis masalah tidak lebih baik atau sama dengan prestasi belajar siswa yang dikenai model pembelajaran ceramah. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Pembelajaran Berbasis Masalah, Pemahaman Konsep Matematika, Prestasi Belajar Siswa en_US
dc.title Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Pemahaman Konsep Matematika dan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas VIII SMP N 4 Kertek Tahun Pelajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account