Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Kecenderungan Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Rowokele dalam Menyelesaikan Masalah Matematika

Show simple item record

dc.contributor.author Sabiis
dc.date.accessioned 2018-02-10T07:53:15Z
dc.date.available 2018-02-10T07:53:15Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2041
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kecenderungan langkah-langkah dan strategi yang siswa gunakan dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian dilakukan pada SMA Negeri 1 Rowokele kelas XII IPA. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, yang mengacu pada hasil jawaban siswa, catatan lapangan dan wawancara. Subjek penelitian diambil dengan teknik purposive dan snowball sampling. Pemeriksaan validitas data dilakukan dengan metode triangulasi. Analisis data dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu data reduction, data display dan conclusion drawing / verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian siswa SMA dalam menyelesaikan masalah matematika cenderung menggunakan langkah-langkah pemecahan masalah yang disampaikan Krulik & Rudnick dengan rincian sebagai berikut: (1) siswa membaca dengan seksama sambil mencoba memahami soal, walaupun tidak langsung sepenuhnya dipahami oleh siswa, (2) siswa mulai menggali informasi yang bisa diambil dari soal ketika atau setelah membaca soal, (3) siswa mulai memilih strategi yang dapat membantunya lebih memahami soal dan menyelesaikan permasalahan, (4) siswa mulai menyelesaikan soal dengan bekal informasi, pemahaman dan strategi yang sudah dipilih sampai dihasilkan jawaban akhir, dan (5) siswa melihat kembali jawaban akhir terutama pada bagian perhitungan, langkah ini tidak selalu dilakukan oleh siswa. Hasil penelitian juga menunjukkan sebagian siswa cenderung menggunakan beberapa strategi pemecahan masalah seperti, (a) membuat gambar, siswa membuat gambar seperti apa yang menurutnya dapat memudahkan memahami, mengingat dan membantu dalam menyelesaikan soal, (b) memecah tujuan, siswa membagi soal menjadi beberapa fokus tujuan yang harus dicari terlebih dahulu yang dapat digunakan sebelum mencari tujuan utamanya, (c) berpikir logis, siswa menghubungkan fakta-fakta yang terdapat pada soal yang di gunakan untuk menarik kesimpulan yang relevan dan memudahkan dalam menyelesaikan masalah atau soal. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject langkah-langkah, strategi, pemecahan masalah, menyelesaikan masalah matematika en_US
dc.title Kecenderungan Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Rowokele dalam Menyelesaikan Masalah Matematika en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account