Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Model RME dan Model PBL terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Pokok Bahasan Teorema Phytagoras Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Nusawungu Tahun Pelajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Daniyah, Wahy
dc.date.accessioned 2018-02-10T08:00:29Z
dc.date.available 2018-02-10T08:00:29Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2043
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Nusawungu pada pokok bahasan Teorema Phytagoras yang mendapatkan pembelajaran dengan model RME lebih baik daripada prestasi belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model PBL. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri Negeri 1 Nusawungu yang berjumlah 225 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A berjumlah 32 siswa dan siswa kelas VIII C berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi dan tes. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes prestasi belajar pada pokok bahasan Teorema Pythagoras yang berjumlah 25 soal yang sebelumnya telah diuji cobakan dan dianalisis taraf kesukaran, daya pembeda, validitas dengan teknik korelasi product moment dan reliabilitas dengan rumus KR-20. Uji prasyarat analisis menggunakan uji Lilliefors untuk uji normalitas dan uji Barlett untuk uji homogenitas. Metode pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata nilai pada kelas eksperimen I yaitu 75,375 dan pada kelas eksperimen II adalah 70,625. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji t dengan α = 0,05 menunjukkan bahwa tobs = 2,154 sedangkan ttabel = 1,645, dengan demikian tobs > ttabel yaitu 2,154>1,645 yang berarti H0 ditolak. Hal ini berarti bahwa prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan Teorema Pythagoras mengunakan model RME lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan model PBL setelah diterapkan pada pokok bahasan Teorema Pythagoras siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Nusawungu tahun pelajaran 2015/2016. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Prestasi belajar, Model RME, Model PBL en_US
dc.title Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Model RME dan Model PBL terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Pokok Bahasan Teorema Phytagoras Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Nusawungu Tahun Pelajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account