Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Berdasarkan Teks Wawancara Menggunakan Metode Think Talk Write pada Siswa Kelas VII G SMP Negeri 4 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Latifah, Fatmi
dc.date.accessioned 2018-02-10T08:10:38Z
dc.date.available 2018-02-10T08:10:38Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2046
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini mendeskripsi: 1) pelaksanaan pembelajaran menulis narasi berdasarkan teks wawancara dengan metode think talk write pada siswa kelas VII G SMP Negeri 4 Purworejo, 2) pengaruh metode think talk write terhadap keterampilan menulis narasi berdasarkan teks wawancara terhadap minat dan sikap belajar siswa kelas VII G SMP Negeri 4 Purworejo, dan 3) peningkatan keterampilan menulis narasi berdasarkan teks wawancara melalui metode think talk write. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas prasiklus, siklus I, dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII G SMP Negeri 4 Purworejo. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes yang digunakan untuk memperoleh gambaran hasil siswa dalam menulis narasi dan nontes digunakan untuk mendapatkan informasi tentang keadaan siswa tanpa melalui tes dan alat tes. Instrument penelitian yang digunakan adalah instrument tes yang berisi soal untuk menulis narasi dan nontes merupakan alat penilaian yang dipergunakan untuk mendapatkan informasi tentang keadaan peserta didik atau peserta tes tanpa melalui tes dengan alat tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kulitatif digunakan untuk mengetahui peningkatan keterampilan siswa dalam menulis narasi dan kuantitatif digunakan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis narasi dan kuantitatif digunakan untuk menganalisis data berupa skor hasil penilaian keterampilan menulis narasi. Teknik penyajian data menggunakan teknik penyajian informal, yaitu perumusan dengan kata-kata biasa. Hasil dari analisis penelitian ini adalah pembelajaran menulis narasi berdasarkan teks wawancara dengan metode think talk write yaitu siswa membaca teks wawancara, mengidentifikasi, menulis narasi yang telah didiskusikan sebelumnya. Pengaruh penggunaan metode think talk write berdasarkan teks wawancara terhadap sikap dan aktivitas mengalami peningkatan. Dari hasil observasi tahap siklus I diketahui bahwa 60% siswa memperhatikan penjelasan dari guru, 56,67% siswa aktif, dan70% siswa serius. Selanjutnya, pada siklus II diketahui bahwa 90% siswa memperhatikan penjelasan dari guru, 93,33% siswa aktif dalam mengikuti pembelajaran, 100% serius ketika menulis narasi. Peningkatan keterampilan menulis narasi pada rata-rata kelas 68 menjadi 78,3 pada siklus I dan meningkat lagi pada siklus II menjadi84,73. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject menulis narasi, metode think talk write, teks wawancara en_US
dc.title Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Berdasarkan Teks Wawancara Menggunakan Metode Think Talk Write pada Siswa Kelas VII G SMP Negeri 4 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account