dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini mendeskripsi: 1) pelaksanaan pembelajaran menulis narasi
berdasarkan teks wawancara dengan metode think talk write pada siswa kelas VII G SMP
Negeri 4 Purworejo, 2) pengaruh metode think talk write terhadap keterampilan menulis
narasi berdasarkan teks wawancara terhadap minat dan sikap belajar siswa kelas VII G
SMP Negeri 4 Purworejo, dan 3) peningkatan keterampilan menulis narasi berdasarkan
teks wawancara melalui metode think talk write.
Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas prasiklus, siklus I, dan siklus II. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas VII G SMP Negeri 4 Purworejo. Teknik pengumpulan
data menggunakan teknik tes yang digunakan untuk memperoleh gambaran hasil siswa
dalam menulis narasi dan nontes digunakan untuk mendapatkan informasi tentang
keadaan siswa tanpa melalui tes dan alat tes. Instrument penelitian yang digunakan
adalah instrument tes yang berisi soal untuk menulis narasi dan nontes merupakan alat
penilaian yang dipergunakan untuk mendapatkan informasi tentang keadaan peserta didik
atau peserta tes tanpa melalui tes dengan alat tes. Teknik analisis data menggunakan
analisis kulitatif digunakan untuk mengetahui peningkatan keterampilan siswa dalam
menulis narasi dan kuantitatif digunakan untuk mengetahui peningkatan keterampilan
menulis narasi dan kuantitatif digunakan untuk menganalisis data berupa skor hasil
penilaian keterampilan menulis narasi. Teknik penyajian data menggunakan teknik
penyajian informal, yaitu perumusan dengan kata-kata biasa.
Hasil dari analisis penelitian ini adalah pembelajaran menulis narasi berdasarkan
teks wawancara dengan metode think talk write yaitu siswa membaca teks wawancara,
mengidentifikasi, menulis narasi yang telah didiskusikan sebelumnya. Pengaruh penggunaan
metode think talk write berdasarkan teks wawancara terhadap sikap dan aktivitas mengalami
peningkatan. Dari hasil observasi tahap siklus I diketahui bahwa 60% siswa memperhatikan
penjelasan dari guru, 56,67% siswa aktif, dan70% siswa serius. Selanjutnya, pada siklus II
diketahui bahwa 90% siswa memperhatikan penjelasan dari guru, 93,33% siswa aktif dalam
mengikuti pembelajaran, 100% serius ketika menulis narasi. Peningkatan keterampilan
menulis narasi pada rata-rata kelas 68 menjadi 78,3 pada siklus I dan meningkat lagi pada
siklus II menjadi84,73. |
en_US |