Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Peningkatan komunikasi matematis dan pemecahan masalah melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk- Write (TTW) pada siswa kelas VII C SMP N 2 Sapuran tahun 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Anggraeni, Arum
dc.date.accessioned 2018-02-10T08:14:47Z
dc.date.available 2018-02-10T08:14:47Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2047
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan komunikasi matematis dan pemecahan masalah siswa kelas VII C SMP N 2 Sapuran saat mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk- Write (TTW). Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus memuat perencanaan,pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek peneliti ini adalah siswa kelas VII C SMP N 2 Sapuran sejumlah 24 siswa yang terdiri dari 8 laki-laki dan 16 perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa metode observasi dan tes. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi komunikasi matematis secara lisan dan tertulis, serta tes pemecahan masalah. Teknik analisis data menggunkan perhitungan rata-rata dan persentase. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan komunikasi matematis dan pemecahan masalah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) pada siswa kelas VII C SMP N 2 Sapuran. Hal ini ditunjukkan dari persentase hasil observasi komunikasi matematis siswa sebesar 62% pada siklus I, meningkat menjadi 80% pada siklus II. Persentase hasil tes kemampuan komunikasi matematis siswa sebesar 62% pada siklus I, meningkat menjadi 80% pada siklus II. Secara keseluruhan diperoleh rerata kemampuan komunikasi matematis 62% pada siklus I, meningkat menjadi 80% pada siklus II. Hasil tes pemecahan masalah siswa sebesar 62% pada siklus I, meningkat menjadi 76% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan pemecahan masalah di kelas VII C SMP N 2 Sapuran. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject komunikasi matematis, pemecahan masalah, dan Think-Talk-Write (TTW) en_US
dc.title Peningkatan komunikasi matematis dan pemecahan masalah melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk- Write (TTW) pada siswa kelas VII C SMP N 2 Sapuran tahun 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account