dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan pemahaman
konsep matematika dan (2) peningkatan komunikasi matematis siswa kelas VII A
SMP Negeri 32 Purworejo dengan menggunakan model pembelajaran CORE
(Connecting, Organizing, Reflecting, Extending).
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Tahap
penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 3
pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 32
Purworejo tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 32 siswa. Metode
pegumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara tidak terstruktur,
dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dengan analisis kualitatif
dan kuantitatif.
Hasil penelitian ini secara kualitatif menunjukkan bahwa pembelajaran
menggunakan model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting,
Extending) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika
yaitu siswa dapat menyajikan konsep dalam berbagai representasi matematis,
siswa dapat memilih prosedur dan mengaplikasikan konsep atau algoritma dalam
pemecahan masalah dan meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa
baik secara lisan maupun tertulis yaitu siswa dapat menggambarkan situasi
masalah menggunakan gambar, menyatakan permasalahan yang ada dalam
kehidupan sehari-hari kedalam model matematika, menuliskan apa yang diketahui
dan ditanya dengan benar dan siswa juga mampu menjelaskan pemahaman
mereka dengan kalimatnya sendiri. Sedangkan hasil penelitian secara kuantitatif
model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending)
dapat meningkatkan 1) kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yaitu
pada siklus I sebesar 68,38% kemudian meningkat menjadi 80,84% pada siklus II,
2) kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa yaitu pada siklus I sebesar
68,71% kemudian meningkat menjadi 79,88% pada siklus II, dan 3) kemampuan
komunikasi matematis lisan siswa yaitu pada siklus I sebesar 66,55% kemudian
meningkat menjadi 78,12%. |
en_US |