Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Analisis Keaktifan Siswa Dalam Organisas Terhadap Penyelesaian Soal Matematika Pada Siswa Kelas XI MIA 1 Dan XI MIA 2 SMA Negeri 1 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Devi, Natalia Chyntia
dc.date.accessioned 2018-02-10T08:26:44Z
dc.date.available 2018-02-10T08:26:44Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2050
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah analisis keaktifan siswa dalam organisasi terhadap penyelesaian soal matematika pada siswa kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2 SMA Negeri 1 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan selama empat bulan yaitu sejak bulan November 2015 hingga Februari 2016. Subyek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2 SMA Negeri 1 Purworejo tahun ajaran 2015/2016 yang aktif dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah(OSIS) dan Praja Muda Karana (Pramuka), yang berjumlah 14 orang yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan snowball sampling. Purposive sampling yaitu dengan pertimbangan siswa-siswa yang aktif dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan Praja Muda Karana (Pramuka). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik Reduksi Data (Data Reduction), Penyajan Data (Data Display), dan Verification (Conclusion Drawing). Hasil penelitian ini adalah bahwa keaktifan siswa dalam organisasi tidak memiliki dampak terhadap prestasi belajar siswa terutama pada penyelesaian soal ulangan harian irisan kerucut. Meskipun berdasarkan hasil ulangan harian irisan kerucut ada beberapa di antara siswa yang aktif dalam organisasi mendapat nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) hal itu dikarenakan siswa kurang teliti dalam mengerjakan soal dan terlalu banyak rumus yang ada sehingga siswa masih bingung mana rumus yang harus digunakan. Selain itu berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa dengan keaktifan siswa dalam organisasi meskipun tidak memiliki dampak terhadap prestasi akademik, dengan aktif berorganisasi siswa belajar untuk terbiasa mengemukakan pendapat, berlatih berpikir kritis, berpikir kreatif, cara bersosialisasi dan cara membagi waktu antara organisasi dan belajar. Ini menunjukkan bahwa prinsip matematis masuk dalam keaktifan berorganisasi. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject keaktifan siswa dalam organisasi, penyelesaian soal irisan kerucut. en_US
dc.title Analisis Keaktifan Siswa Dalam Organisas Terhadap Penyelesaian Soal Matematika Pada Siswa Kelas XI MIA 1 Dan XI MIA 2 SMA Negeri 1 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account