Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal-soal Lingkaran pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Muflikhah, Ngafiatul
dc.date.accessioned 2018-02-10T08:30:45Z
dc.date.available 2018-02-10T08:30:45Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2051
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang jenis kesalahan yang dilakukan siswa, besarnya persentase setiap jenis kesalahan dan mengetahui rerata kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas VIII MTs Negeri Purworejo tahun pelajaran 2015/2016 dalam menyelesaikan soal-soal lingkaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian non-eksperimen survei. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri Purworejo tahun pelajaran 2015/2016. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII F MTs Negeri Purworejo yang berjumlah 48 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah sampling purposive. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode tes yang digunakan untuk memperoleh data tentang kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal lingkaran. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas VIII MTs Negeri Purworejo tahun pelajaran 2015/2016 pada pokok bahasan lingkaran yaitu (1) rerata persentase pada tes 1 kesalahan konsep sebesar 53,93% (siswa tidak dapat memilih konsep yang sesuai dengan soal, tidak dapat menggunakan konsep tersebut untuk menyelesaikan soal) dan kesalahan hitung sebesar 11,29% (salah dalam proses hitung baik penjumlahan, pengurangan, perkalian, maupun pembagian dan hasil perhitungan). (2) rerata persentase pada tes 2 kesalahan konsep sebesar 48,37% (siswa tidak dapat memilih konsep yang sesuai dengan soal, tidak dapat menggunakan konsep tersebut untuk menyelesaikan soal) dan kesalahan hitung sebesar 10,32% (salah dalam proses hitung baik penjumlahan, pengurangan, perkalian, maupun pembagian dan hasil perhitungan). en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject analisis kesalahan, lingkaran, konsep, hitung en_US
dc.title Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal-soal Lingkaran pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account