Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Penerapan Pembelajaran Matematika dengan Kombinasi Model Pembelajaran Think Pair Share dan Make a Match untuk Meningkatkan Partisipasi dan Kerjasama Belajar Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Mirit Tahun Pelajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Susana, Ria
dc.date.accessioned 2018-02-10T08:39:22Z
dc.date.available 2018-02-10T08:39:22Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2053
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan partisipasi belajar siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Mirit, (2) peningkatan kerjasama belajar siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Mirit, dan (3) peningkatan prestasi belajar siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Mirit. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan pada siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Mirit tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 32 siswa, yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, observasi, dokumentasi, catatan lapangan, dan wawancara tidak terstruktur. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes prestasi belajar dan lembar observasi. Analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan analisis data kualitatif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan kombinasi model pembelajaran Think Pair Share dan Make a Match terdapat peningkatan partisipasi belajar siswa yang ditunjukkan pada siklus I belum semua siswa mencoba untuk memecahkan soal pada kartu soal yang diberikan guru, pada siklus II sebagian besar siswa sudah mencoba untuk memecahkan soal pada kartu soal yang diberikan oleh guru. Perolehan lembar observasi dari rata-rata 70,98% dalam kategori cukup baik pada siklus I menjadi 79,02% dengan kategori baik pada siklus II. Terdapat peningkatan kerjasama siswa yang ditunjukkan pada kegiatan observasi dan pada siklus I masih banyak siswa yang belum menemukan jawaban dengan kesepakatan bersama, pada siklus II sebagian besar siswa sudah menemukan jawaban dengan kesepakatan bersama dengan perolehan lembar observasi dari 63,62% dengan kategori cukup baik pada siklus I menjadi 78,79% dengan kategori baik pada siklus II. Hasil tes pada siklus I dan siklus II mengalami kenaikan dari rata-rata 57,91 dengan ketuntasan klasikal 43,75% dalam kategori kurang baik menjadi 77,53 dengan ketuntasan klasikal 78,13% dalam kategori baik. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Partisipasi, Kerjasama, Kombinasi Model Pembelajaran Think Pair Share dan Make a Match en_US
dc.title Penerapan Pembelajaran Matematika dengan Kombinasi Model Pembelajaran Think Pair Share dan Make a Match untuk Meningkatkan Partisipasi dan Kerjasama Belajar Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Mirit Tahun Pelajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account