dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan partisipasi belajar
siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Mirit, (2) peningkatan kerjasama belajar siswa kelas VII
A SMP Negeri 1 Mirit, dan (3) peningkatan prestasi belajar siswa kelas VII A SMP
Negeri 1 Mirit.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan pada
siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Mirit tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 32 siswa,
yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data
dengan menggunakan tes, observasi, dokumentasi, catatan lapangan, dan wawancara
tidak terstruktur. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes prestasi
belajar dan lembar observasi. Analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan
analisis data kualitatif dengan pendekatan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan
kombinasi model pembelajaran Think Pair Share dan Make a Match terdapat
peningkatan partisipasi belajar siswa yang ditunjukkan pada siklus I belum semua
siswa mencoba untuk memecahkan soal pada kartu soal yang diberikan guru, pada
siklus II sebagian besar siswa sudah mencoba untuk memecahkan soal pada kartu
soal yang diberikan oleh guru. Perolehan lembar observasi dari rata-rata 70,98%
dalam kategori cukup baik pada siklus I menjadi 79,02% dengan kategori baik
pada siklus II. Terdapat peningkatan kerjasama siswa yang ditunjukkan pada
kegiatan observasi dan pada siklus I masih banyak siswa yang belum menemukan
jawaban dengan kesepakatan bersama, pada siklus II sebagian besar siswa sudah
menemukan jawaban dengan kesepakatan bersama dengan perolehan lembar
observasi dari 63,62% dengan kategori cukup baik pada siklus I menjadi 78,79%
dengan kategori baik pada siklus II. Hasil tes pada siklus I dan siklus II
mengalami kenaikan dari rata-rata 57,91 dengan ketuntasan klasikal 43,75%
dalam kategori kurang baik menjadi 77,53 dengan ketuntasan klasikal 78,13%
dalam kategori baik. |
en_US |