Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Analisis Berpikir Kritis Siswa Kelas V Berdasarkan Gaya Berpikir Field Dependent dan Field Independent pada Materi Perbandingan SD Negeri 3 Kutowinangun Tahun Pelajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Siwi, Rizky Yunita
dc.date.accessioned 2018-02-10T08:46:34Z
dc.date.available 2018-02-10T08:46:34Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2055
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan berpikir kritis siswa kelas V berdasarkan gaya berpikir Field Dependent dan Field Independent pada materi perbandingan SD Negeri 3 Kutowinangun tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 4 siswa dengan 2 siswa dengan gaya berpikir Field Dependent dan 2 siswa dengan gaya berpikir Field Independent. Dengan indikator berpikir kritis yaitu memberikan penjelasan, membangun kemampuan dasar, memberikan penjelasan lebih lanjut, menyimpulkan, dan strategi dan taktik. Teknik pengumpulan data menggunakan 3 metode, yaitu observasi digunakan untuk menentukan subjek dengan gaya berpikir Field Dependent dan Field Independent, tes digunakan untuk mengetahui tingkat berpikir kritis siswa, dan wawancara digunakan untuk mengklarifikasi jawaban siswa. Intrumen penelitian berupa tes berpikir kritis, pedoman wawancara, dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian dari observasi, tes, dan wawancara menunjukan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dengan gaya berpikir Field Dependent memenuhi kemampuan berpikir kritis yaitu pada saat memberikan penjelasan dan strategi dan taktik. Sedangkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan gaya berpikir Field Independent memenuhi kemampuan berpikir kritis yaitu pada saat memberikan penjelasan, membangun kemampuan dasar, memberikan penjelasan lebih lanjut, strategi dan taktik, dan menyimpulkan. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Berpikir kritis, Field Dependent, Field Independent, perbandingan en_US
dc.title Analisis Berpikir Kritis Siswa Kelas V Berdasarkan Gaya Berpikir Field Dependent dan Field Independent pada Materi Perbandingan SD Negeri 3 Kutowinangun Tahun Pelajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account