Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Peningkatan Komunikasi Matematis dan Pemecahan Masalah Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerincing pada Siswa Kelas VII D SMP Negeri 33 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Cahyani, Lita Nur
dc.date.accessioned 2018-02-10T09:01:37Z
dc.date.available 2018-02-10T09:01:37Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2060
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan komunikasi matematis dan pemecahan masalah melalui model pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 33 Purworejo. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dokumentasi, wawancara tidak terstruktur, dan catatan lapangan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi untuk mengukur komunikasi matematis lisan siswa, tes untuk mengukur komunikasi matematis tulis dan pemecahan masalah siswa, sekaligus dokumentasi. Hasil penelitian secara kualitatif dari hasil observasi menunjukkan bahwa di siklus I siswa dari yang tadinya masih kesulitan dalam mengubah soal cerita ke dalam model matematika. Pada siklus II siswa mulai mampu mengubah soal cerita ke dalam model matematika terutama dalam menerapkan rumus matematika ke dalam bentuk uraian soal. Dari hasil wawancara siswa merasa senang, lebih aktif dengan belajar kelompok karena bisa saling membantu, siswa mampu mengatasi masalah soal-soal dalam bentuk cerita, dan siswa dapat mengembangkan pemahaman dalam soal matematika yang baru. Sedangkan hasil dokumentasi menunjukkan bahwa sebelum tindakan masih rendah kemudian dengan menggunakan model pembelajaran teknik kancing gemerincing dapat meningkat. Hasil penelitian secara kuantitatif menunjukkan bahwa komunikasi matematis dan pemecahan masalah siswa mengalami peningkatan setelah dilaksanakan pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing. Hal ini ditunjukkan oleh peningkatan persentase komunikasi matematis siswa dari masing-masing data siklus I sebesar 71,24% dalam predikat cukup meningkat ke siklus II menjadi 79,83% dalam predikat baik dari seluruh siswa. Selain itu, berdasarkan tes pemecahan masalah siswa, menunjukkan peningkatan persentase setiap siswa dari siklus I sebesar 68,98% dalam predikat cukup meningkat ke siklus II menjadi 78,92% dalam predikat baik dari seluruh siswa. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject komunikasi matematis, pemecahan masalah, kancing gemerincing en_US
dc.title Peningkatan Komunikasi Matematis dan Pemecahan Masalah Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerincing pada Siswa Kelas VII D SMP Negeri 33 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account