Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Group To Group Exchange (GGE) Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Partisipasi belajar Siswa Kelas VIII MTs Salafiyah Syafi’iyah Grogol Penatus Petanahan Tahun Pelajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Aryanti, Sinta
dc.date.accessioned 2018-02-10T09:06:06Z
dc.date.available 2018-02-10T09:06:06Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2061
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) apakah pretasi belajar matematika pada materi bangun ruang sisi datar dengan model pembelajaran GGE akan lebih baik jika dibandingkan dengan metode pembelajaran ekspositori; (2) apakah prestasi belajar siswa dengan partisipasi belajar tinggi lebih baik daripada partisipasi belajar sedang dan rendah; dan apakah prestasi belajar siswa dengan partisipasi belajar sedang lebih baik daripada partisipasi belajar rendah; (3) apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran GGE dengan partisipasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Salafiyah Syafi’iyah Grogol Penatus Petanahan tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah metode dokumentasi,observasi dan tes. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan tes prestasi belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan uji anava dua jalan dan komparasi ganda untuk uji lanjut anava. Uji analisis variansi memberikan hasil Fa = 41,7, Fb = 159,6, Fab = 3,15, sedangkan DK untuk Fa adalah = {F | F > F0,05;1,66} = {F | F > 4,00}, DK untuk Fb adalah = {F | F > F0,05;2,66} = {F | F > 3,15}, dan DK untuk Fab adalah = {F | F > F0,05;2,66} = {F | F = 3,15} artinya H0A ditolak; H0B ditolak; H0AB diterima, hasil ini menunjukkan bahwa model pembelajaran group to group exchange memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik dari metode pembelajaran ekspositori pada materi bangun ruang sisi datar, partisipasi belajar tinggi memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik dari partisipasi belajar sedang dan rendah pada materi bangun ruang sisi datar, partisipasi belajar sedang memberikan prestasi belajar yang lebih baik dari partisipasi belajar rendah pada materi bangun ruang sisi datar, serta tidak ada interaksi antara model pembelajaran dengan partisipasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa pada materi bangun ruang sisi datar. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject model pembelajaran GGE, Prestasi belajar, dan Partisipasi belajar en_US
dc.title Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Group To Group Exchange (GGE) Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Partisipasi belajar Siswa Kelas VIII MTs Salafiyah Syafi’iyah Grogol Penatus Petanahan Tahun Pelajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account