Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Peningkatan pemahaman konsep dan berpikir kritis melalui model pembelajaran pencapaian konsep pada siswa kelas X Akuntansi SMK VIP Ma’arif NU 1 Kemiri Tahun Pelajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Sukbaturrohmah
dc.date.accessioned 2018-02-10T09:09:07Z
dc.date.available 2018-02-10T09:09:07Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2063
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) peningkatan pemahaman konsep pada siswa kelas X Akuntansi SMK VIP Ma’arif NU 1 Kemiri melalui model pembelajaran pencapaian konsep. 2) peningkatan berpikir kritis pada siswa kelas X Akuntansi SMK VIP Ma’arif NU 1 Kemiri melalui model pembelajaran pencapaian konsep. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek penelitian adalah siswa kelas siswa kelas X Akuntansi SMK VIP Ma’arif NU 1 Kemiri tahun pelajaran 2015/2016 berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 26 siswa perempuan dan 2 siswa laki-laki. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran pencapaian konsep. Faktor yang diteliti dalam penelitian ini yaitu peningkatan pemahaman konsep dan berpikir kritis siswa. teknik pengumpulan data menggunakan 5 metode, yaitu observasi, tes, wawancara tidak terstruktur, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dari hasil observasi menunjukkan bahwa siswa belum mampu menganalisis contoh dan non contoh suatu konsep untuk dirumuskan sendiri menjadi suatu konsep dan masih sedikit siswa yang mampu menggunakan langkah-langkah strategi berpikir yang tepat dalam menyelesaikan masalah, sedangkan di siklus II hampir semua siswa mampu mengalisis dan non contoh suatu konsep untuk dirumuskan sendiri menjadi suatu konsep dan banyak siswa yang mampu menggunakan langkah-langkah strategi berpikir yang tepat dalam menyelesaikan masalah. Hasil wawancara diperoleh bahwa dengan menggunakan pembelajaran model pencapaian konsep siswa merasa terbantu untuk merumuskan konsep dengan pengertiannya sendiri secara tepat. Hasil analisis nilai tes akhir siklus II menunjukan bahwa pemahaman konsep dan berpikir kritis siswa meningkat dibanding sebelum diberikan tindakan. Hasil presentase menunjukan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran pencapaian konsep dapat meningkatkan pemahaman konsep yakni di siklus I 72,51% dan siklus II 81,36%. Sedangkan untuk berpikir kritis pada siklus I sebesar 69,48% meningkat pada siklus II yaitu 80,69% en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject kemampuan pemahaman konsep, kemampuan berpikir kritis, model pembelajaran pencapaian konse en_US
dc.title Peningkatan pemahaman konsep dan berpikir kritis melalui model pembelajaran pencapaian konsep pada siswa kelas X Akuntansi SMK VIP Ma’arif NU 1 Kemiri Tahun Pelajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account