Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Implementasi Model Pembelajaran Jigsaw Kombinasi Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII C MTs Negeri Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Budi, Andika Setia
dc.date.accessioned 2018-02-10T09:15:00Z
dc.date.available 2018-02-10T09:15:00Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2066
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah implementasi model pembelajaran Jigsaw kombinasi Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII C MTs Negeri Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi yang dilaksanakan setiap pertemuan dan metode tes yang dilaksanakan pada setiap akhir siklus. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi kemampuan komunikasi matematis untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis lisan, tes evaluasi yang berbentuk soal uraian untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis tulis, dan catatan lapangan yang digunakan untuk memperkuat data dari lembar observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran Jigsaw kombinasi Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII C MTs Negeri Purworejo. Persentase kemampuan komunikasi matematis yang diukur dengan menggunakan lembar observasi pada siklus I sebesar 48,5% dalam kategori sedang, hal ini ditandai dengan siswa yang masih malu-malu untuk mengajukan pertanyaan dan enggan menanggapi pendapat teman yang belum sesuai, sedangkan pada siklus II persentase kemampuan komunikasi matematis siswa meningkat menjadi sebesar 67,6% dalam kategori tinggi, hal ini ditandai dengan siswa yang sudah berani untuk mengajukan pertanyaan dan juga berani untuk menyanggah pendapat teman yang belum sesuai. Selain dari lembar observasi, persentase kemampuan komunikasi yang diukur dengan menggunakan tes juga mengalami peningkatan yaitu dari siklus I sebesar 60,4 % dalam kategori cukup, hal ini terjadi karena siswa masih kesulitan dalam mengubah soal uraian atau kalimat ke dalam model matematika, sedangkan pada siklus II persentase kemampuan komunikasi matematis siswa meningkat menjadi 77 % dalam kategori baik, hal ini ditandai dengan siswa yang sudah bisa mengubah soal uraian atau kalimat ke dalam model matematika. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Jigsaw Kombinasi Numbered Head Together (NHT), Komunikasi Matematis en_US
dc.title Implementasi Model Pembelajaran Jigsaw Kombinasi Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII C MTs Negeri Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account