Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

ANALISIS PERWATAKAN DALAM NOVEL RANAH TIGA WARNA KARYA AHMAD FUADI DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA PADA SISWA KELAS XI SMA

Show simple item record

dc.contributor.author Sadam, Edok Ariyani
dc.date.accessioned 2018-02-12T01:38:54Z
dc.date.available 2018-02-12T01:38:54Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2076
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) perwatakan dalam novel Ranah Tiga Warna karya Ahmad Fuadi, (2) nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam novel Ranah Tiga Warna karya Ahmad Fuadi, dan (3) skenario pembelajaran perwatakan novel Ranah Tiga Warna karya Ahmad Fuadi di kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data berupa isi suatu informasi yang tertulis atau dokumen, yakni berupa kutipankutipan yang diambil dari novel Ranah Tiga Warna karya Ahmad Fuadi. Pengumpulan data digunakan teknik observasi dan teknik studi pustaka. Observasi adalah pengamatan, kegiatan pemuatan perhatian terhadap suatu objek, teknik pustaka adalah menggunakan sumber-sumber tertulis untuk memperoleh data. Analisis data digunakan analisis isi, analisis isi adalah mengkaji isi teks dengan teliti. Penyajian hasil analisis digunakan metode informal, metode informal adalah perumusan dengan menggunakan kata-kata tanpa menggunakan tanda dan lambang. Hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) perwatakan tokoh utama dalam novel Ranah Tiga Warna mempunyai sifat-sifat baik antara lain: percaya diri, pantang menyerah, sabar, menyesal, bersyukur, religius, jujur, pemaaf, tanggung jawab, ikhlas, berfikir realistis dan kreatif, cerdas, tangguh, sederhana, rasa ingin tahu, peduli, santun, demokratis, dan nasionalis; (2) nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam novel Ranah Tiga Warna karya Ahmad Fuadi antara lain pendidikan religius dan pendidikan moral; dan (3) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Ranah Tiga Warna karya Ahmad Fuadi di SMA kelas XI. Langkah-langkah pembelajaran antara lain: pendahuluan, inti, dan penutup. Metode yang digunakan adalah pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif adalah konsep jenis kerja kelompok yang dipimpin oleh guru. Rincian dari metode tersebut adalah guru menjelaskan tujuan pembelajaran, guru menyampaikan materi tentang unsur intrinsik (perwatakan) dan unsur ektrinsik (nilai-nilai pendidikan), guru membagi siswa dalam kelompok, siswa menganalisis dan berdiskusi mengenai analisis unsur intrinsik (perwatakan) dan unsur ekstrinsik (nilai-nilai pendidikan) meliputi: nilai pendidikan relegius dan nilai pendidikan moral dalam novel Ranah Tiga Warna karya Ahmad Fuadi, siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok, siswa menanggapi dan menilai hasil presentasi kelompok lain, guru bersama siswa membuat kesimpulan dari pembelajaran tersebut, guru memberikan penilaian. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject Perwatakan tokoh utama, nilai-nilai pendidikan, Skenario Pembelajaran en_US
dc.title ANALISIS PERWATAKAN DALAM NOVEL RANAH TIGA WARNA KARYA AHMAD FUADI DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA PADA SISWA KELAS XI SMA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account