Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

ANALISIS DEIKSIS NOVEL BILA CINTA MENCARI CAHAYA KARYA HARRI ASH SHIDDIQIE DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI SMA

Show simple item record

dc.contributor.author Wayuningsih, Eka Astuti
dc.date.accessioned 2018-02-12T01:42:05Z
dc.date.available 2018-02-12T01:42:05Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2077
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) bentuk-bentuk deiksis yang terdapat dalam novel Bila Cinta Mencari Cahaya karya Harri Ash Shiddie; (2) skenario pembelajaran deiksis yang diintegrasikan ke dalam pembelajaran menulis narasi bagi siswa kelas X SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif. Sumber data berupa novel, yakni novel Bila Cinta Mencari Cahaya karya Harri Ash Shiddiqie. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi. Teknik analis data yang digunakan adalah teknik agih. Hasil analisis data dijabarkan dengan metode informal. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) bentuk-bentuk deiksis yang digunakan dalam novel Bila Cinta Mencari Cahaya karya Harri Ash Shiddie adalah: (a) bentuk-bentuk deiksis persona pertama tunggal yang digunakan adalah saya. Deiksis persona kedua tunggal yang digunakan adalah kamu. Deiksis persona ketiga tunggal yang digunakan adalah dia, ia, dan –nya.Bentuk deiksis persona ketiga jamak yang digunakan adalah mereka, (b) bentuk-bentuk deiksis tempat yang digunakan adalah Cicamara, rumah biru, kebun teh, kantor, masjid, Surabaya, (c) bentuk-bentuk deiksis waktu yang digunakan adalah tahun depan, sepuluh tahun lalu, hari ini, pagi ini, selama ini, (d) bentuk-bentuk deiksis anafora yang digunakan adalah ini dan itu, (e) bentuk-bentuk deiksis katafora yang digunakan adalah merupakan, adalah, dan seperti; (2) Skenario pembelajaran deiksis yang diintegrasikan dalam pembelajaran menulis narasi bagi siswa kelas X SMA berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dengan membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Pembuatan RPP didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar yang terdapat pada silabus SMA. Standar kompetensi yang digunakan adalah mengungkapkan informasi dalam berbagai bentuk paragraf (naratif, deskriptif, ekspositif). Kompetensi dasar 4.1 menulis gagasan dengan menggunakan pola urutan waktu dan tempat dalam bentuk paragraf naratif. Metode yang digunakan adalah metode ceramah, metode problem solving dan penugasan en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject deiksis, Novel Bila Cinta Mencari Cahaya, Skenario Pembelajaran en_US
dc.title ANALISIS DEIKSIS NOVEL BILA CINTA MENCARI CAHAYA KARYA HARRI ASH SHIDDIQIE DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI SMA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account