Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA PANGGUNG DENGAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PREMBUN TAHUN AJARAN 2013/2014

Show simple item record

dc.contributor.author Alfiani
dc.date.accessioned 2018-02-12T01:50:59Z
dc.date.available 2018-02-12T01:50:59Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2078
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) proses pembelajaran menulis naskah drama panggung dengan media gambar berseri; (2) perubahan perilaku siswa dalam pembelajaran menulis naskah drama panggung setelah menggunakan media gambar berseri; dan (3) peningkatan kemampuan menulis naskah drama panggung setelah mengikuti pembelajaran menulis naskah drama panggung dengan media gambar berseri. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa hasil menulis naskah drama siswa pada setiap siklus, sedangkan melalui nontes berupa aspek pengamatan, kuesioner, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis kualitatif digunakan untuk menganalisis data nontes yang berupa hasil pengamatan, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis kuantitatif digunakan untuk menganalisis hasil data tes berupa hasil menulis naskah drama siswa. Hasil analisis disajikan dengan teknik informal. Dari hasil penelitian ini, dapat penulis simpulkan: (1) proses pembelajaran menulis naskah drama meliputi guru memberikan materi menulis naskah drama panggung dengan media gambar berseri disertai contohnya, guru dan siswa melakukan tanya jawab, guru memberikan tugas dan membagikan gambar berseri kepada siswa, siswa menulis naskah drama panggung dengan memperhatikan gambar berseri, siswa dituntun untuk menulis naskah drama panggung dengan memperhatikan waktu, tempat, dan kejadian, siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya, dan guru mengevaluasi hasil yang ditulis oleh siswa; (2) perubahan perilaku siswa ke arah positif dilihat dari hasil pengamatan pada aspek keaktifan siswa dalam menanggapi stimulus dari guru memperoleh hasil prasiklus 58%, siklus I menjadi 65%, dan siklus II menjadi 87%, aspek keaktifan siswa bertanya saat pembelajaran berlangsung, diperoleh hasil pada prasiklus 16%, siklus I menjadi 28%, dan siklus II menjadi 34%, dan keaktifan siswa dalam mengerjakan tugas juga mengalami peningkatan dari prasiklus yang mencapai 74% meningkat pada siklus I menjadi 87% dan pada siklus II menjadi 95%; (3) peningkatan kemampuan siswa tersebut dilihat dari hasil rata-rata siswa pada prasiklus mencapai 60,52, pada siklus I menjadi 68,19 dan pada siklus II menjadi 76,1. Dengan demikian, terjadi peningkatan kemampuan siswa sebesar 7,67 atau 21,8% dari prasiklus ke siklus I, 15,58 atau 50,2% dari prasiklus ke siklus II, dan 7,91 atau 25,5% dari siklus I ke siklus II. Peningkatan kemampuan itu terjadi secara signifikan. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject keterampilan menulis, menulis naskah drama, media gambar berseri en_US
dc.title PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA PANGGUNG DENGAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PREMBUN TAHUN AJARAN 2013/2014 en_US
dc.type Video en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account