Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Kemampuan Kecakapan Siswa Kelas VII B SMP N 1 Ambal Tahun Pelajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Saputro, Berny
dc.date.accessioned 2018-02-12T02:00:26Z
dc.date.available 2018-02-12T02:00:26Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2080
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kecakapan siswa dengan penerapan model pembelajaran cooperative script pada siswa kelas VII B SMP N 1 Ambal. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menurut model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari 4 langkah, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII B SMP N 1 Ambal yang berjumlah 32 siswa terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Faktor yang diteliti pada penelitian ini adalah kemampuan kecakapan siswa yang terdiri dari academic skills, personal skills, dan social skills pada mata pelajaran matematika.Teknik pengumpulan data menggunakan 4 metode, yaitu observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian dari lembar observasi secara kuantitatif menunjukan bahwa rata-rata kelas VII B SMP N 1 Ambal di siklus I sebesar 60,05% kategori cukup meningkat pada siklus II menjadi 77,53% kategori baik. Persentase yang diperoleh pada siklus I dikarenakan pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua siswa masih cenderung malu bertanya, malu maju mengerjakan ke depan kelas dan berdiskusi kurang efektif dan ketika siklus II meningkat dikarenakan persentase siswa lebih meningkat yang mau bertanya, maju mengerjakan di depan kelas, dan berdiskusi yang lebih efektif. Sedangkan hasil penelitian kuantitatif dilihat dari lembar tes soal menunjukan bahwa rata-rata kelas VII B SMP N 1 Ambal di siklus I sebesar 61,50% kategori cukup meningkat pada siklus II menjadi 82,30% kategori baik. Melihat siklus I pekerjaan siswa masih kurang baik dan kurang runtut kemudian meningkat pada siklus II pekerjaan siswa lebih baik dan lebih runtut. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Model Pembelajaran cooperative script, kemampuan kecakapan siswa (academic skills, personal skills, dan social skills) en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Kemampuan Kecakapan Siswa Kelas VII B SMP N 1 Ambal Tahun Pelajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account