Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

ANALISIS PSIKOLOGI SASTRA NOVEL NEGERI PARA BEDEBAH KARYA TERE LIYE DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI SMA

Show simple item record

dc.contributor.author Fatimah, Siti
dc.date.accessioned 2018-02-12T02:11:07Z
dc.date.available 2018-02-12T02:11:07Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2086
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi (1) aspek psikologi kepribadian tokoh utama ditinjau dari (a) segi id, (b) segi ego, dan (c) segi super ego; serta (2) scenario pembelajaran novel Negeri Para Bedebah di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah novel Negeri Para Bedebah karya Tere Liye. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik catat dan teknik observasi. Teknik catat dilakukan untuk mencatat data-data yang ada hubungannya dengan masalah peneliti, kemudian diseleksi, diatur, selanjutnya diklasifikasikan. Teknik observasi dilakukan dengan cara meneliti objek penelitian secara langsung. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi. Teknik analisis isi bersifat pembahasan mendalam terhadap isi suatu informasi tertulis atau tercetak dalam media massa atau dokumen lain. Selanjutnya, dalam teknik penyajian hasil analisis data digunakan metode informal. Penyajian data menggunakan metode informal karena analisis data menggunakan metode kualitatif dengan uraian penjelasan kata-kata yang mudah dipahami dan sederhana. Dari hasil penelitian ini disimpulkan: (1) psikologi kepribadian tokoh utama (Thomas) ditinjau dari (a) segi id adalah tokoh utama cukup lemah, dapat dilihat dari perilakunya yang diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan dasar ketika dia menilai perempuan dengan sebelah mata, rasa lapar, sakit hati, menolong anggota keluarganya, tidak percaya cinta pada pandangan pertama; (b) ego tokoh utama bekerja dengan kuat, yaitu menolak diwawancarai, berpikir kritis, dan teguh kepada pendirian; (c) tokoh utama mencapai kesempurnaan super ego dengan kembali ke keluarganya yang baru; (2) model pembelajaran menggunakan model kontekstual. Langkah-langkah pembelajaran novel Negeri Para Bedebah dengan model kontekstual: (a) menyampaikan indikator yang harus dicapai hari itu dan memotivasi siswa mengenai materi yang akan dipelajari; (b) memberikan siswa persepsi dengan tujuan untuk mengingatkan dengan materi yang telah dipelajari; (c) menyajikan informasi kepada siswa tentang pembelajaran yang akan dilakukan dengan cara inquiri yaitu mencari dan menganalisis aspek-aspek kepribadian; (d) memberikan kesempatan kepada siswa untuk memunculkan pertanyaan-pertanyaan sesuai materi yang diajarkan; (e) memberikan contoh pembelajaran dengan ilustrasi, maupun media pembelajaran seperti rekaman, video, atau LCD; (f) menciptakan masyarakat belajar, seperti melalui kegiatan kelompok, berdiskusi, tanya jawab, dan sebagainya; (g) melakukan refleksi dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan; (h) melakukan penilaian atau evaluasi secara objektif. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject Psikologi kepribadian, novel Negeri Para Bedebah, dan pembelajaran di SMA. en_US
dc.title ANALISIS PSIKOLOGI SASTRA NOVEL NEGERI PARA BEDEBAH KARYA TERE LIYE DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI SMA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account