Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN KREATIF-PRODUKTIF DAN PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS XI MAN GOMBONG TAHUN AJARAN 2013/2014

Show simple item record

dc.contributor.author Detriantoro, Wahyu
dc.date.accessioned 2018-02-12T02:14:12Z
dc.date.available 2018-02-12T02:14:12Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2089
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran keterampilan menulis naskah drama dengan strategi pembelajaran kreatifproduktif dan penggunaan media audio-visual pada siswa kelas XI MAN Gombong; (2) mendeskripsikan pengaruh penggunaan strategi pembelajaran kreatif-produktif dan penggunaan media audio-visual terhadap aktivitas siswa kelas XI MAN Gombong dalam pembelajaran keterampilan menulis naskah drama; (3) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis naskah drama dengan strategi pembelajaran kreatif-produktif dan penggunaan media audio-visual pada siswa kelas XI MAN Gombong. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data kualitatif diperoleh melalui angket yang diisi oleh siswa dan pengamatan selama kegiatan pembelajaran. Data kuantitatif diperoleh dari hasil tes menulis naskah drama. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif yang mencakup analisis proses dan analisis data produk. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Data yang bersumber dari peristiwa pembelajaran diuji keabsahannya dengan dokumendokumen pendukung serta pertanyaan informan dan data yang terkumpul dari kegiatan observasi dicek kebenarannya melalui angket. Teknik penyajian hasil analisis menggunakan teknik penyajian data Penelitian Tindakan Kelas menurut Supardi. Dari hasil analisis data yang telah dikemukakan, dapat disimpulkan bahwa (1) penerapan pembelajaran menulis naskah drama dengan strategi pembelajaran kreatif-produktif dan media audio-visual mampu membuat pembelajaran menjadi lebih baik, (2) pembelajaran dengan strategi pembelajaran kreatif-produktif dan media audio-visual mampu meningkatkan sikap dan minat siswa dalam pembelajaran. Penilaian berdasarkan lembar observasi menunjukkan bahwa sikap siswa dalam mengikuti pembelajaran pada prasiklus hingga siklus II meningkat. Tanggapan siswa setelah memperoleh pembelajaran dengan strategi kreatifproduktif dan media audio-visual dapat dikatakan baik. Keaktifan siswa dalam pembelajaran pada prasiklus hingga siklus II juga meningkat, (3) pembelajaran menulis naskah drama dengan strategi kreatif-produktif dan media audio-visual dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis naskah drama. Peningkatan dapat dilihat dari hasil yang dicapai siswa dengan rata-rata tes prasiklus 59,46 meningkat menjadi 69,84, dan pada siklus II menjadi 78,38. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject menulis naskah drama, strategi kreatif-produktif dan media audiovisual en_US
dc.title UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN KREATIF-PRODUKTIF DAN PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS XI MAN GOMBONG TAHUN AJARAN 2013/2014 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account