Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Peningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas X MA Ma’arif NU Pituruh Tahun Pelajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Wijaya, Cahya
dc.date.accessioned 2018-02-12T02:16:34Z
dc.date.available 2018-02-12T02:16:34Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2091
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika pada siswa kelas X MA Ma’arif NU Pituruh. Jenis penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Faktor yang diteliti dalam penelitian ini yaitu untuk peningkatan motivasi dan prestasi belajar matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara tidak terstruktur, dokumentasi dan lembar soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif, kuantitatif dan persentase. Hasil penelitian secara kualitatif dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi menunjukkan bahwa siswa merasa senang dalam mengikuti pembelajaran. Siswa sudah mempunyai motivasi dalam belajar terlihat ketika mereka sedang mengerjakan soal permainan dan turnamen mereka sangat sungguh-sungguh, tidak cepat puas dengan hasil prestasi yang didapat, dan ketika mengerjakan soal, mereka mampu menyelesaikan dalam jumlah soal yang banyak secara terus-menerus. Motivasi siswa pada siklus I menghasilkan rerata sebesar 69,17% dengan kategori sedang, meningkat sebesar 13,33% menjadi 82,50% dengan kategori tinggi pada siklus II dan sudah mencapai indikator keberhasilan. Hasil penelitian secara kuantitatif menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran tipe Teams Games Tournament (TGT) prestasi belajar siswa yang tuntas belajar pada siklus I sebesar 65,83%, mengalami peningkatan sebesar 15,20% menjadi 81,03% pada siklus II dan sudah mencapai indikator keberhasilan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa kelas X MA Ma’arif NU Pituruh tahun pelajaran 2015/2016. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Motivasi, Prestasi Belajar Matematika, Teams Games Tournament (TGT) en_US
dc.title Peningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas X MA Ma’arif NU Pituruh Tahun Pelajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account