Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Nilai Pendidikan Karakter Novel Burlian Karya Tere Liye dan Skenario Pembelajarannya di SMA

Show simple item record

dc.contributor.author Kurniawati, Dwi Erfiana
dc.date.accessioned 2018-02-12T02:33:41Z
dc.date.available 2018-02-12T02:33:41Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2098
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan model kooperatif tipe round table dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis deskripsi pada siswa kelas X AK 2 SMK Muhammadiyah 1 Wonosobo, (2) penerapan model kooperatif tipe round table dalam meningkatkan kualitas hasil pembelajaran menulis deskripsi pada siswa kelas X AK 2 SMK Muhammadiyah 1 Wonosobo Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X AK 2 SMK Muhammadiyah 1 Wonosobo tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 38 siswa. Objek penelitian ini adalah keterampilan menulis deskripsi. Penelitian ini terdiri dari tiga tahap, yaitu prasiklus, siklus I, siklus II. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes dan nontes. Teknik validitas data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain triangulasi sumber data, triangulasi metode, dan reviu informan. Teknik pengumpulan data diperoleh dari tes, observasi, jurnal, dan dokumentasi foto. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data dianalisis dengan metode analisis deskriptif dengan teknik persentase. Dalam teknik penyajian data digunakan analisis informal. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) penerapan model kooperatif tipe round table dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis deskripsi. Hal ini terbukti dengan meningkatnya presentase keantusiasan, perhatian, dan keaktifan. Pada prasiklus siswa yang antusias mengikuti pembelajaran sebesar14 siswa atau 36,9%, pada siklus I menjadi 25 siswa atau 65,7%, pada siklus II menjadi 29 siswa atau 76,3%, perhatian prasiklus 17 siswa atau 44,8%, siklus I 27 siswa atau 71,1% siklus II 35 siswa atau 92,1%, dan keaktifan pada prasiklus 13 siswa atau 34,3%, siklus I 24 siswa atau 62,2%, dan siklus II 34 siswa atau 89,4%, (2) penerapan model kooperatif tipe round table dapat meningkatkan kualitas hasil pembelajaran menulis deskripsi. Hal ini ditandai dengan adanya peningkatan nilai pembelajaran menulis deskripsi siswa. Pada prasiklus diperoleh rerata 64,68, 20 dari 38 siswa atau 52,63% , pada siklus I diperoleh rerata 73,54, 34 dari 38 siswa atau 89,46%, dan pada siklus II diperoleh rerata 79,63 38 siswa mencapai KKM semua. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject Nilai Pendidikan Karakter,Novel Burlian, Pembelajaran Sastra Model Taba en_US
dc.subject Nilai Pendidikan Karakter Novel Burlian, Pembelajaran Sastra Model Taba en_US
dc.title Nilai Pendidikan Karakter Novel Burlian Karya Tere Liye dan Skenario Pembelajarannya di SMA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account