Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kepercayaan diri siswa dan prestasi belajar siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe Everyone Is Teacher Here lebih baik dari model pembelajaran Time Token terhadap siswa kelas VII SMP N 17 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII SMP N 17 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 4 kelas yaitu kelas E, F, G dan H. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling.
Sampel berjumlah dua kelas, yaitu kelas VII E sebagai kelas eksperimen I dan VII G sebagai kelas eksperimen II. Metode pengambilan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, metode tes dan metode observasi. Instrumen penelitian berupa tes prestasi belajar siswa dan lembar observasi siswa. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji multivariat dan dilanjutkan dengan uji univariat secara terpisah.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kepercayaan diri dan prestasi belajar siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe Everyone Is teacher here lebih baik dari pada kepercayaan diri dan prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran Time Token.