Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) aspek-aspek sosial
dalam kumpulan cerpen Putik-putik Bunga di Gunung karya Mayon Soetrisno; (2)
hubungan antar aspek sosial kumpulan cerpen Putik-putik Bunga di Gunung; (3)
pembelajaran kumpulan cerpen Putik-putik Bunga di Gunung karya Mayon Soetrisno
di kelas X SMA.
Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif. Subjek penelitian ini
adalah kumpulan cerpen Putik-putik Bunga di Gunung karya Mayon Soetrisno. Objek
penelitian ini adalah semua aspek sosial dalam kumpulan cerpen Putik-putik Bunga di
Gunung karya Mayon Soetrisno. Fokus penelitian berupa aspek-aspek sosial Putikputik
Bunga di Gunung, hubungan antaraspek sosial dan pembelajarannya di kelas X
SMA. Sumber data berupa kumpulan cerpen remaja Putik-putik Bunga di Gunung
karya Mayon Soetrisno. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah teknik pustaka. Instrumen penelitiannya adalah penulis sendiri sebagai
peneliti, kartu data, dan alat tulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik
deskriptif kualitatif. Hasil analisis data disajikan dengan metode informal.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) aspek-aspek sosial
dalam kumpulan cerpen Putik-putik Bunga di Gunung karya Mayon Soetrisno
meliputi, aspek cinta kasih, aspek ekonomi, aspek moralitas, aspek kekerabatan, dan
aspek pendidikan; (2) hubungan antaraspek kumpulan cerpen Putik-putik Bunga di
Gunung meliputi hubungan aspek cinta kasih dengan aspek perekonomian, hubungan
aspek cinta kasih dengan kekerabatan, hubungan aspek cinta kasih dengan aspek
moral, hubungan aspek cinta kasih dengan aspek pendidikan, hubungan aspek
perekonomian dengan aspek kekerabatan, hubungan aspek perekonomian dengan
aspek moral, hubungan aspek perekonomian dengan aspek pendidikan, hubungan
aspek kekerabatan dengan aspek moral, hubungan aspek kekerabatan dengan aspek
pendidikan, dan hubungan aspek moral dengan aspek pendidikan; (3) skenario
pembelajaran kumpulan cerpen Putik-putik Bunga di Gunung di kelas X SMA
berdasarkan pada Standar Kompetensi 6. membahas cerita pendek melalui kegiatan
diskusi dan Kompetensi Dasar 6.2 menemukan nilai-nilai cerita pendek melalui
kegiatan diskusi dengan mengguanakan model pembelajaran jigsaw. Langkahlangkah
pembelajarannya adalah: (a) peserta didik dikelompokan menjadi empat
anggota tim disesuaikan subtopik yang dibahas; (b) setiap kelompok diberi materi
subtopik yang berbeda; (c) membentuk kelompok ahli. Kelompok ahli terbentuk
diambil dari salah satu orang dari kelompok asal, dan tim ahli mendiskusikan
subtopik yang telah dibagikan; (d) setelah selesai, sebagai tim ahli tiap anggota
kelompok kembali kekelompok asal dan berdiskusi dengan teman satu tim asal.