Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

ANALISIS SOSIOLOGI SASTRA KUMPULAN CERPEN PUTIK-PUTIK BUNGA DI GUNUNG KARYA MAYON SOETRISNO DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS X SMA

Show simple item record

dc.contributor.author Sulaeman, Rais
dc.date.accessioned 2018-02-12T02:37:28Z
dc.date.available 2018-02-12T02:37:28Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2101
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) aspek-aspek sosial dalam kumpulan cerpen Putik-putik Bunga di Gunung karya Mayon Soetrisno; (2) hubungan antar aspek sosial kumpulan cerpen Putik-putik Bunga di Gunung; (3) pembelajaran kumpulan cerpen Putik-putik Bunga di Gunung karya Mayon Soetrisno di kelas X SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kumpulan cerpen Putik-putik Bunga di Gunung karya Mayon Soetrisno. Objek penelitian ini adalah semua aspek sosial dalam kumpulan cerpen Putik-putik Bunga di Gunung karya Mayon Soetrisno. Fokus penelitian berupa aspek-aspek sosial Putikputik Bunga di Gunung, hubungan antaraspek sosial dan pembelajarannya di kelas X SMA. Sumber data berupa kumpulan cerpen remaja Putik-putik Bunga di Gunung karya Mayon Soetrisno. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pustaka. Instrumen penelitiannya adalah penulis sendiri sebagai peneliti, kartu data, dan alat tulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif. Hasil analisis data disajikan dengan metode informal. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) aspek-aspek sosial dalam kumpulan cerpen Putik-putik Bunga di Gunung karya Mayon Soetrisno meliputi, aspek cinta kasih, aspek ekonomi, aspek moralitas, aspek kekerabatan, dan aspek pendidikan; (2) hubungan antaraspek kumpulan cerpen Putik-putik Bunga di Gunung meliputi hubungan aspek cinta kasih dengan aspek perekonomian, hubungan aspek cinta kasih dengan kekerabatan, hubungan aspek cinta kasih dengan aspek moral, hubungan aspek cinta kasih dengan aspek pendidikan, hubungan aspek perekonomian dengan aspek kekerabatan, hubungan aspek perekonomian dengan aspek moral, hubungan aspek perekonomian dengan aspek pendidikan, hubungan aspek kekerabatan dengan aspek moral, hubungan aspek kekerabatan dengan aspek pendidikan, dan hubungan aspek moral dengan aspek pendidikan; (3) skenario pembelajaran kumpulan cerpen Putik-putik Bunga di Gunung di kelas X SMA berdasarkan pada Standar Kompetensi 6. membahas cerita pendek melalui kegiatan diskusi dan Kompetensi Dasar 6.2 menemukan nilai-nilai cerita pendek melalui kegiatan diskusi dengan mengguanakan model pembelajaran jigsaw. Langkahlangkah pembelajarannya adalah: (a) peserta didik dikelompokan menjadi empat anggota tim disesuaikan subtopik yang dibahas; (b) setiap kelompok diberi materi subtopik yang berbeda; (c) membentuk kelompok ahli. Kelompok ahli terbentuk diambil dari salah satu orang dari kelompok asal, dan tim ahli mendiskusikan subtopik yang telah dibagikan; (d) setelah selesai, sebagai tim ahli tiap anggota kelompok kembali kekelompok asal dan berdiskusi dengan teman satu tim asal. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject analisis sosiologi sastra, cerpen Putik-putik Bunga di Gunung, skenario pembelajaran di kelas X SMA. en_US
dc.title ANALISIS SOSIOLOGI SASTRA KUMPULAN CERPEN PUTIK-PUTIK BUNGA DI GUNUNG KARYA MAYON SOETRISNO DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS X SMA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account