Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah kemandirian belajar dan prestasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran Giving Question and Getting Answers lebih baik dari model pembelajaran Index Card Match terhadap siswa kelas VIII SMP N 1 Watumalang. (2) apakah pembelajaran dengan model pembelajaran Giving Question and Getting Answers efektif digunakan terhadap siswa kelas VIII SMP N 1 Watumalang.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP N 1 Watumalang Tahun Pembelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian berjumlah dua kelas, yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen 1 dan VIII B sebagai kelas eksperimen 2. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Instrumen penelitian berupa tes prestasi belajar siswa. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji multivariat dan dilanjutkan uji univariat secara terpisah.
Berdasarkan perhitungan dapat disimpulkan: (1) kemandirian belajar dan prestasi belajar siswa yang dikenai model pembelajaraan Giving Question and Getting Answer lebih baik dari kemandirian belajar dan prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran Index Card Match. (2) pembelajaran dengan model pembelajaran Giving Question and Getting Answers efektif digunakan terhadap siswa kelas VIII SMP N 1 Watumalang.