Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas VIII C SMP Negeri 6 Purworejo Tahun Ajaran 2015/2016 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan teka-teki silang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 6 Purworejo yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, angket dan tes prestasi belajar. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi, lembar angket, dan lembar tes. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus rerata dan persentase.
Hasil penelitian ini dilihat dari observasi dan angket menunjukkan bahwa pada siklus 1 siswa dari tadinya tidak fokus pada pembelajaran matematika, di siklus 2 siswa sudah mulai fokus dalam pembelajaran matematika. Selain itu, siswa yang kurang aktif bertanya dan menyampaikan pendapat dalam siklus 1, di siklus 2 menjadi aktif dan banyak yang menyampaikan pendapat. Hal ini ditunjukkan dari hasil hasil observasi motivasi belajar matematika dengan rerata persentase mencapai 72,14% atau dalam kategori cukup pada siklus 1 meningkat menjadi 77,93% atau dalam kategori baik pada siklus 2. Sedangkan dari hasil angket motivasi belajar matematika diperoleh rerata persentase mencapai 73,96% atau dalam kategori cukup pada siklus 1 meningkat menjadi 79,58% atau dalam kategori baik pada siklus 2. Sedangkan dilihat dari hasil tes, prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan. Dengan peningkatan motivasi meningkat pula prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan persentase ketuntasan mencapai 68,75% dengan jumlah siswa 22 orang pada siklus I, mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan mencapai 75,00% dengan jumlah siswa 24 orang. Jika dilihat dari hasil tersebut maka, model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan teka-teki silang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII C SMP Negeri 6 Purworejo.