Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimen Pembelajaran Matematika dengan Model Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) terhadap Prestasi Belajar Ditinjau dari Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII SMP N 1 Klirong Tahun Pelajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Istianingsih, Nur Aeni
dc.date.accessioned 2018-02-12T02:42:43Z
dc.date.available 2018-02-12T02:42:43Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2104
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT menghasilkan prestasi belajar matematika siswa yang lebih baik jika dibandingkan dengan model ekspositori, (2) apakah prestasi belajar matematika siswa yang memiliki kepercayaan diri tinggi lebih baik daripada siswa dengan kepercayaan diri sedang dan rendah, apakah prestasi belajar matematika siswa yang memiliki kepercayaan diri sedang lebih baik daripada siswa dengan kepercayaan diri rendah pada sub pokok bahasan faktorisasi suku aljabar, (3) apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kepercayaan diri siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa pada sub pokok bahasan faktorisasi suku aljabar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Klirong pada tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 8 kelas yang berjumlah 256 siswa. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik simple random sampling dan diperoleh 2 kelas yaitu satu kelas sebagai kelas kontrol dan satu kelas sebagai kelas eksperimen dengan masing-masing kelas berjumlah 32 siswa. Dalam penelitian digunakan uji keseimbangan menggunakan uji-t dan uji prasayarat yaitu uji normalitas dengan metode Lillefors dan uji homogenitas menggunakan metode Bartlett taraf signifikansi 0,05. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) model pembelajaran TGT menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik jika dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori pada sub pokok bahasan faktorisasi suku aljabar. Hal ini ditunjukan dengan melihat dari rataan marginal kedua model pembelajaran bahwa model TGT lebih baik daripada model ekspositori, setelah penghitungan analisis variansi dua jalan yang menunjukkan bahwa = 4,500 > 4,000 = pada taraf signifikansi 5%, (2) prestasi belajar matematika siswa yang memiliki kepercayaan diri tinggi tidak lebih baik daripada siswa dengan kepercayaan diri sedang pada sub pokok bahasan faktorisasi suku aljabar, yakni ditunjukkan dengan perhitungan anava = 1,250 < 4,000 = , pada taraf signifikansi 5%, (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kepercayaan diri siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa pada sub pokok bahasan faktorisasi suku aljabar. Hal ini ditunjukkan dari analisis variansi dua jalan yaitu = 0,770 < 4,000 = , pada taraf signifikansi 5%. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject pembelajaran Teams Games Tournament, pembelajaran ekspositori, kepercayaan diri, prestasi en_US
dc.title Eksperimen Pembelajaran Matematika dengan Model Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) terhadap Prestasi Belajar Ditinjau dari Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII SMP N 1 Klirong Tahun Pelajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account