Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah kedisiplinan dan prestasi belajar siswa yang menggunakan model VAK berbantu GeoGebra lebih baik dari pembelajaran dengan metode ekspositori; (2) jika lebih baik apakah pe-nerapan model VAK berbantu GeoGebra efektif terhadap prestasi belajar ma-tematika siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan populasi seluruh siswa kelas VIIIA-VIIIF SMP N 9 Purworejo. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling, didapatkan sampel 30 siswa untuk kelas eksperimen dan 31 siswa kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa angket kedisiplinan dan tes prestasi belajar matematika siswa. Instrumen diujicobakan sebelum digunakan untuk pengambilan data. Terlebih dahulu dilakukan uji validitas isi terhadap angket kedisiplinan belajar matematika siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, metode angket serta metode dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t Multivariat dengan variabel terikat kedisiplinan (X1) dan prestasi belajar (X2) dan uji proporsi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) Rerata kedisiplinan dan prestasi belajar siswa dengan model VAK berbantu GeoGebra tidak sama dengan rerata siswa yang menggunakan pembelajaran dengan metode ekspositori. Karena tidak sama dilakukan uji univariat secara terpisah. Kedisiplinan belajar yang dihasilkan oleh model pembelajaran VAK berbantu GeoGebra sama dengan kedisiplinan belajar yang dihasilkan pembelajaran dengan metode ekspositori. Sedangkan prestasi belajar siswa dengan model VAK berbantu GeoGebra lebih baik dari siswa yang dikenai pembelajaran dengan metode ekspositori; (2) Penerapan model VAK berbantu GeoGebra tidak efektif terhadap prestasi belajar siswa pada materi prisma dan limas.