Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan (1) keaktifan dan (2) prestasi belajar matematika siswa melalui model pembelajaran quantum teaching pada siswa kelas VII F SMP N 33 Purworejo Tahun Ajaran 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII F SMP N 33 Purworejo Tahun Ajaran 2015/2016. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan metode tes.Sedangkan instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes soal evaluasi.Teknik analisis data adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus persentase.
Hasil dari penelitian ini adalah adalah dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching, keaktifan dan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Persentase keaktifan belajar siswa pada siklus I sebesar 45% meningkat menjadi 79% pada siklus II.Prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II.Hal tersebut ditunjukan dari hasil tes pada siklus I siswa yang telah mendapat nilai ≥ 72 (KKM) sebanyakk 15 siswa.Sedangkan, pada siklus II siswa yang mendapat nilai ≥ 72 (KKM) sebanyak 24 siswa.Persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I mencapai 45% meningkat menjadi 73% pada siklus II.Hal tersebut dapat terlihat dari: (1) siswa berani bertanya kepada guru dikarenakan agar lebih paham dengan materi matematika; (2) siswa berani mengemukakan pendapatnya dikarenakan siswa memiliki keinginan untuk terampil dalam menyelesaikan permasalahan matematika; (3) siswa yang berani menyempurnakan simpulkan yang dikemukakan oleh temannya dan menghargai temannya karena siswa sudah mampu memahami materi matematika.