Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika Siswa dengan Model Pembelajaran Quantum Teaching Pada Siswa Kelas VII F SMP Negeri 33 Purworejo Tahun Ajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Fatimah, Siti
dc.date.accessioned 2018-02-12T02:51:02Z
dc.date.available 2018-02-12T02:51:02Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2107
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan (1) keaktifan dan (2) prestasi belajar matematika siswa melalui model pembelajaran quantum teaching pada siswa kelas VII F SMP N 33 Purworejo Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII F SMP N 33 Purworejo Tahun Ajaran 2015/2016. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan metode tes.Sedangkan instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes soal evaluasi.Teknik analisis data adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus persentase. Hasil dari penelitian ini adalah adalah dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching, keaktifan dan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Persentase keaktifan belajar siswa pada siklus I sebesar 45% meningkat menjadi 79% pada siklus II.Prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II.Hal tersebut ditunjukan dari hasil tes pada siklus I siswa yang telah mendapat nilai ≥ 72 (KKM) sebanyakk 15 siswa.Sedangkan, pada siklus II siswa yang mendapat nilai ≥ 72 (KKM) sebanyak 24 siswa.Persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I mencapai 45% meningkat menjadi 73% pada siklus II.Hal tersebut dapat terlihat dari: (1) siswa berani bertanya kepada guru dikarenakan agar lebih paham dengan materi matematika; (2) siswa berani mengemukakan pendapatnya dikarenakan siswa memiliki keinginan untuk terampil dalam menyelesaikan permasalahan matematika; (3) siswa yang berani menyempurnakan simpulkan yang dikemukakan oleh temannya dan menghargai temannya karena siswa sudah mampu memahami materi matematika. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Quantum Teaching, keaktifan belajar, prestasi belajar en_US
dc.title Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika Siswa dengan Model Pembelajaran Quantum Teaching Pada Siswa Kelas VII F SMP Negeri 33 Purworejo Tahun Ajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account