Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Kajian Filosofis Edukatif Pendekatan Pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education) di Indonesia

Show simple item record

dc.contributor.author Ikrimah, Himma
dc.date.accessioned 2018-02-12T03:00:12Z
dc.date.available 2018-02-12T03:00:12Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2108
dc.description.abstract Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pendekatan pembelajaran RME di Indonesia dari sudut pandang filsafat meliputi aspek Ontologi, Epistimologi, dan Aksiologi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik content analysis atau kajian isi. Obek formal penelitian ini adalah filsafat pendidikan. Objek materialnya adalah teori-teori pendekatan pembelajaran RME dalam 3 buku yaitu: (1) Developing Realistic Mathematics Education terbitan Freudenthal Institute, (2) Revisting Mathematics Education terbitan Kluwer Academic Publisher, (3) Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika terbitan Graha Ilmu. Teknik pengambilan data dengan dokumentasi dan pengamatan. Analisis data menggunakan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan derajat kepercayaan yang terdiri dari: (1) perpanjangan keikutsertaan, (2) ketekunan pengamatan, (3) triangulasi sumber, (4) kecukupan referensial, uraian rinci, dan audit kebergantungan serta audit kepastian. Diperoleh hasil penelitian kajian filosofis edukatif pendekatan pembelajaran RME di Indonesia meliputi: (1) aspek ontologi yaitu matematika merupakan aktivitas manusia, (2) aspek epistimologi yang tercermin dari 5 karakteristik meliputi penggunaan konteks, penggunaan model menuju matematisasi progresif, pemanfaatan hasil konstruksi siswa, interaktivitas, dan keterkaitan. Selain itu, tercermin dari 3 prinsip utama meliputi reinvention/mathematizing, didactical phenomenology, dan self-developed model, (3) aspek aksiologi yang berangkat dari aspek ontologi dan aspek epistimologi yang mencoba menciptakan kebermaknaan dalam belajar matematika melalui memadukan proses melatih (trined to do mathematical) dan proses mendidik untuk berpikir secara matematis (educated to think mathematically) untuk meningkatkan kemampuan berpikir matematis, kemampuan kognitif, afektif, serta kecerdasan interpersonal. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject filosofis edukatif, pendekatan pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education) en_US
dc.title Kajian Filosofis Edukatif Pendekatan Pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education) di Indonesia en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account