Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Hubungan Motivasi Belajar, Tingkah Laku dan Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP di Kecamatan Bayan Tahun Pelajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Khotijah, Siti
dc.date.accessioned 2018-02-12T03:03:13Z
dc.date.available 2018-02-12T03:03:13Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2109
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara: (1) motivasi belajar dengan prestasi (2) tingkah laku dengan prestasi (3) lingkungan keluarga dengan prestasi (4) motivasi belajar dan tingkah laku dengan prestasi (5) motivasi belajar dan lingkungan keluarga dengan prestasi (6) tingkah laku dan lingkungan keluarga dengan prestasi (7) motivasi belajar, tingkah laku dan lingkungan keluarga dengan prestasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP di Kecamatan Bayan sebanyak 436 orang dengan sampel sebanyak 107 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik propotionate random sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah metode angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan korelasi dan regresi. Sebagai persyaratan analisis normalitas, homogenitas, linearitas dan keberartian Hasil penelitian pada korelasi α = 5% menunjukkan bahwa tedapat hubungan positif: (1) motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika yaitu sebesar 0,19 dan signifikan; (2) tingkah laku terhadap prestasi belajar matematika yaitu sebesar 0,31 dan signifikan; (3) lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar matematika yaitu sebesar 0,28 dan signifikan; (4) motivasi belajar dan tingkah laku terhadap prestasi belajar matematika yaitu sebesar 0,33 dan signifikan; (5) motivasi belajar dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar matematika yaitu sebesar 0,30 dan signifikan; (6) tingkah laku dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar matematika yaitu sebesar 0,38 dan signifikan; (7) motivasi belajar, tingkah laku dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar matematika yaitu sebesar 0,14 tetapi tidak signifikan. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject motivasi belajar, tingkah laku, lingkungan keluarga dan prestasi belajar matematika en_US
dc.title Hubungan Motivasi Belajar, Tingkah Laku dan Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP di Kecamatan Bayan Tahun Pelajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account