Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengaruh Disiplin Belajar, Persepsi Mata Pelajaran Matematika, dan Kemampuan Operasi Hitung Bilangan Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP se-Kecamatan Puring Tahun Pelajaran 2015/ 2016

Show simple item record

dc.contributor.author Puryati
dc.date.accessioned 2018-02-12T03:08:25Z
dc.date.available 2018-02-12T03:08:25Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2111
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan kausal antara: (1) disiplin belajar dengan persepsi mata pelajaran matematika (2) disiplin belajar dengan kemampuan operasi hitung bilangan (3) disiplin belajar belajar dengan prestasi belajar (4) persepsi mata pelajaran matematika dengan kemampuan operasi hitung bilangan (5) persepsi mata pelajaran matematika dengan prestasi belajar (6) kemampuan operasi hitung bilangan dengan prestasi (7) mengetahui koefisien pada setiap jalur (8) diagram didukung data setelah dilakukan anlisis jalur. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP se-Kecamatan Puring sebanyak 264 orang dengan sampel sebanyak 150 orang. Pengambilan sampel dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengambilan data dengan metode angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan path analysis. Sebagai persyaratan analisis dilakukan uji linearitas, dan keberartian. Hasil analisis korelasi yang diperoleh pada adalah sebagai berikut: terdapat hubungan yang kausal antara: (1) disiplin belajar dengan persepsi mata pelajaran matematika sebesar 0,485 (2) disiplin belajar dengan kemampuan operasi hitung bilangan sebesar 0,428 (3) disiplin belajar belajar dengan prestasi belajar sebesar 0,412 (4) persepsi mata pelajaran matematika dengan kemampuan operasi hitung bilangan sebesar 0,431 (5) persepsi mata pelajaran matematika dengan prestasi belajar sebesar 0,424 (6) kemampuan operasi hitung bilangan dengan prestasi0,410 (7) p21 = 0,485; p31 = 0,288; p32 = 0,536; p41 = 0,190; p42 = 0,153; p43 = 0,263 (8) model diagram dalam penelitian ini tidak ada yang berubah atau dihilangkan karena telah didukung data yang relevan. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject disiplin belajar, persepsi siswa, operasi hitung dan prestasi belajar matematika. en_US
dc.title Pengaruh Disiplin Belajar, Persepsi Mata Pelajaran Matematika, dan Kemampuan Operasi Hitung Bilangan Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP se-Kecamatan Puring Tahun Pelajaran 2015/ 2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account