dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan kausal
antara: (1) disiplin belajar dengan persepsi mata pelajaran matematika (2) disiplin
belajar dengan kemampuan operasi hitung bilangan (3) disiplin belajar belajar
dengan prestasi belajar (4) persepsi mata pelajaran matematika dengan kemampuan
operasi hitung bilangan (5) persepsi mata pelajaran matematika dengan
prestasi belajar (6) kemampuan operasi hitung bilangan dengan prestasi (7)
mengetahui koefisien pada setiap jalur (8) diagram didukung data setelah dilakukan
anlisis jalur.
Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP se-Kecamatan
Puring sebanyak 264 orang dengan sampel sebanyak 150 orang. Pengambilan
sampel dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengambilan data
dengan metode angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan path analysis.
Sebagai persyaratan analisis dilakukan uji linearitas, dan keberartian.
Hasil analisis korelasi yang diperoleh pada adalah sebagai berikut:
terdapat hubungan yang kausal antara: (1) disiplin belajar dengan persepsi mata
pelajaran matematika sebesar 0,485 (2) disiplin belajar dengan kemampuan
operasi hitung bilangan sebesar 0,428 (3) disiplin belajar belajar dengan prestasi
belajar sebesar 0,412 (4) persepsi mata pelajaran matematika dengan kemampuan
operasi hitung bilangan sebesar 0,431 (5) persepsi mata pelajaran matematika
dengan prestasi belajar sebesar 0,424 (6) kemampuan operasi hitung bilangan dengan
prestasi0,410 (7) p21 = 0,485; p31 = 0,288; p32 = 0,536; p41 = 0,190; p42 =
0,153; p43 = 0,263 (8) model diagram dalam penelitian ini tidak ada yang berubah
atau dihilangkan karena telah didukung data yang relevan. |
en_US |