Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan metode
TANDUR dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran membaca puisi pada
siswa kelas VII SMP Negeri 1 Wadaslintang, (2) penerapan metode TANDUR dalam
meningkatkan kualitas hasil pembelajaran membaca puisi pada siswa kelas VII SMP
Negeri 1 Wadaslintang.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Wadaslintang tahun pelajaran 2013/2014
sebanyak 26 siswa. Objek penelitian ini adalah keterampilan membaca puisi.
Penelitian ini terdiri dari tiga tahap, yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes dan
instrumen nontes. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan
nontes. Dalam analisis data, digunakan teknik analisis kualitatif dan teknik
analisis kuantitatif. Untuk mengecek keabsahan data, digunakan teknik validitas
data melalui triangulasi. Dalam penyajian hasil analisis data digunakan teknik
informal.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa; (1) penerapan
metode TANDUR dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran membaca
puisi. Hal ini terbukti dengan meningkatnya persentase perhatian, gairah belajar,
keaktifan, dan motivasi siswa dalam pembelajaran membaca puisi di setiap siklusnya.
Pada prasiklus siswa yang perhatian sebesar 35%, pada siklus I menjadi 50%, pada
siklus II menjadi 85 % siswa yang memperhatikan dan fokus pada saat pembelajaran;
Pada prasiklus siswa yang mempunyai gairah belajar dalam mengerjakan tugas yang
diberikan dengan giat, rajin, dan teliti sebesar 27% pada siklus I menjadi 42% pada
siklus II menjadi 81 %. Pada prasiklus siswa yang aktif sebesar 35% , pada siklus I
menjadi 46 %, pada siklus II menjadi 85 %. Pada saat prasiklus hanya 42% siswa
yang termotivasi mengikuti pembelajaran kemudian menjadi 58% pada siklus I dan
pada siklus II meningkat menjadi 85%; (2) Penerapan metode TANDUR dapat
meningkatkan keterampilan siswa membaca puisi. Hal ini ditandai dengan adanya
peningkatan hasil (nilai) pembelajaran membaca puisi siswa. Pada saat prasiklus
hanya sebesar 19% siswa yang telah mencapai batas ketuntasan (KKM = 75) dengan
nilai rata-rata 67,54, pada siklus I nilai rata-rata 72,5 kemudian pada siklus II
meningkat menjadi 77,5 dan nilai tertinggi yang dicapai siswa adalah 95. Hal ini
membuktikan bahwa penerapan metode TANDUR mampu meningkatkan kualitas
proses dan hasil pembelajaran membaca puisi siswa kelas VIIB SMP Negeri 1
Wadaslintang Tahun pelajaran 2013/2014.