Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI DENGAN METODE TANDUR PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 WADASLINTANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Show simple item record

dc.contributor.author Kosmasari, Nita Fuji
dc.date.accessioned 2018-02-12T03:55:09Z
dc.date.available 2018-02-12T03:55:09Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2117
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan metode TANDUR dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran membaca puisi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Wadaslintang, (2) penerapan metode TANDUR dalam meningkatkan kualitas hasil pembelajaran membaca puisi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Wadaslintang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Wadaslintang tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 26 siswa. Objek penelitian ini adalah keterampilan membaca puisi. Penelitian ini terdiri dari tiga tahap, yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes dan instrumen nontes. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Dalam analisis data, digunakan teknik analisis kualitatif dan teknik analisis kuantitatif. Untuk mengecek keabsahan data, digunakan teknik validitas data melalui triangulasi. Dalam penyajian hasil analisis data digunakan teknik informal. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa; (1) penerapan metode TANDUR dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran membaca puisi. Hal ini terbukti dengan meningkatnya persentase perhatian, gairah belajar, keaktifan, dan motivasi siswa dalam pembelajaran membaca puisi di setiap siklusnya. Pada prasiklus siswa yang perhatian sebesar 35%, pada siklus I menjadi 50%, pada siklus II menjadi 85 % siswa yang memperhatikan dan fokus pada saat pembelajaran; Pada prasiklus siswa yang mempunyai gairah belajar dalam mengerjakan tugas yang diberikan dengan giat, rajin, dan teliti sebesar 27% pada siklus I menjadi 42% pada siklus II menjadi 81 %. Pada prasiklus siswa yang aktif sebesar 35% , pada siklus I menjadi 46 %, pada siklus II menjadi 85 %. Pada saat prasiklus hanya 42% siswa yang termotivasi mengikuti pembelajaran kemudian menjadi 58% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 85%; (2) Penerapan metode TANDUR dapat meningkatkan keterampilan siswa membaca puisi. Hal ini ditandai dengan adanya peningkatan hasil (nilai) pembelajaran membaca puisi siswa. Pada saat prasiklus hanya sebesar 19% siswa yang telah mencapai batas ketuntasan (KKM = 75) dengan nilai rata-rata 67,54, pada siklus I nilai rata-rata 72,5 kemudian pada siklus II meningkat menjadi 77,5 dan nilai tertinggi yang dicapai siswa adalah 95. Hal ini membuktikan bahwa penerapan metode TANDUR mampu meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran membaca puisi siswa kelas VIIB SMP Negeri 1 Wadaslintang Tahun pelajaran 2013/2014. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject Peningkatan, Membaca Puisi, Metode TANDUR en_US
dc.title PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI DENGAN METODE TANDUR PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 WADASLINTANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account