Abstract:
Telah dilakukan penelitian guna mengembangkan instrumen kemampuan
komunikasi sains siswa SMA yang valid dan reliabel.
Penelitian pengembangan menggunakan subjek dari siswa kelas IX IPA.
Subjek pengembangan ini berjumlah 227 siswa yang berasal dari SMA Negeri 2
Purworejo, SMA Negeri 5 Purworejo, MA Negeri 1 Kebumen, MA Negeri
Kutowinangun. Model pengembangan yang digunakan adalah 4-D (define, design,
develop, dan disseminate) terbatas sampai sekolah tempat penelitian. Instrumen
pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan angket dengan skala
Likert yang masing-masing sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat
validasi dan reliabilitas. Uji validasi yang digunakan dalam analisa data adalah
validasi isi melalui telaah ahli, validasi konstruk dengan menggunakan analisa
faktor konfirmatori dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach untuk
mengetahui kelayakan instrumen yang dikembangkan.
Kelayakan instrumen dilihat dari hasil validasi dosen ahli mencapai
persentase sebesar 79,41% dengan interpretasi baik dan dari guru Fisika mencapai
persentase sebesar 87,33% dengan interpretasi sangat baik. Sedangkan
berdasarkan hasil validasi konstruk menggunakan analisa faktor konfirmatori
membentuk keragaman total yang mampu diterangkan oleh 5 faktor yang
terbentuk sebesar 51,855% dimana masing-masing item sudah merujuk pada
indikator yang telah ditetapkan sebelumnya. Hasil uji coba lapangan diperoleh
rerata skor 3,668 dengan persentase sebesar 73,35%, dan reliabilitas dengan nilai
Alpha Cronbach sebesar 0,886. Dengan demikian instrumen untuk mengukur
kemampuan komunikasi sains siswa SMA dapat digunakan sebagai instrumen
untuk mengukur kemampuan komunikasi sains siswa SMA.