Abstract:
Telah dilakukan penelitian guna mengetahui pengaruh praktikum fisika
dengan pendekatan keterampilan proses sains terhadap soft skill dan hard skill
siswa SMA Negeri 1 Kutowinangun kelas XI tahun pelajaran 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan
metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah eksperimen semu (quasy
experimental) dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam
penelitian yaitu siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Kutowinangun tahun
pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 158 siswa. Pengambilan sampel ditentukan
oleh guru terkait dengan jumlah sampel sebanyak 64 siswa terbagi dalam
kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Metode pengumpulan data
menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh thitung untuk soft skill = 2,085, ttabel
pada taraf signifikasi 5% = 2,00 yang berarti thitung > ttabel sehingga praktikum fisika
dengan pendekatan keterampilan proses sains berpengaruh terhadap soft skill
siswa, dengan besarnya pengaruh sebesar 10% dengan interpretasi sangat rendah,
dan pada hard skill diperoleh thitung = 3,654, ttabel pada taraf signifikasi 5% adalah
2,00 yang berarti thitung > ttabel sehingga praktikum fisika dengan pendekatan
keterampilan proses sains berpengaruh terhadap hard skill siswa, dengan besarnya
pengaruh sebesar 21% dengan interpretasi rendah. Dengan demikian, praktikum
fisika dengan pendekatan keterampilan proses sains berpengaruh terhadap soft skill
dan hard skill siswa SMA Negeri 1 Kutowinangun kelas XI tahun pelajaran
2015/2016.