Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan kemampuan motorik siswa
pada praktik sistem starter siswa kelas XI TKR SMK N 4 Purworejo dengan
penerapan metode pembelajaran peer teaching, dan 2) mengetahui adanya dugaan
peningkatan kemampuan motorik siswa pada praktik sistem starter siswa kelas XI
TKR SMK N 4 Purworejo dengan penerapan metode pembelajaran peer teaching.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian terdiri dari
2 siklus yaitu siklus I dan siklus II.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI
TKR A SMK N 4 Purworejo dengan jumlah 26 siswa pada praktik sistem starter.
Pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Analisis data menggunakan
teknik presentase.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan Penerapan metode Peer
Teaching dalam pembelajaran praktik sistem starter dapat meningkatkan
kemampuan motorik siswa kelas XI TKR A SMK N 4 Purworejo. Hal ini
dibuktikan pada prasiklus rerata kemampuan motorik siswa adalah 74,48. Setelah
penerapan pembelajaran model peer teachingpada siklus I rerata kemampuan
motorik siswa meningkat menjadi 76,38 dan akhirnya meningkat menjadi 79,92
pada akhir siklus II. Ketuntasan klasikal kemampuan motorik siswa prasiklus
sebesar 50,00% dan meningkat menjadi 100% pada siklus I dan II.