Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikanproses pembelajaran materi
sistem transmisi pada siswa kelas XI SMK N 4 Purworejo Tahun Ajaran
2015/2016. 2) Mengetahui prestasi belajar materi sistem Transmisi pada Siswa
Kelas XI SMK N 4 Purworejo Tahun Ajaran 2015/2016 sebelum menggunakan
LKS. 3) Mengetahui prestasi belajar materi sistem transmisi pada Siswa Kelas XI
SMK N 4 Purworejo Tahun Ajaran 2015/2016 sesudah menggunakan LKS. 4)
Mengetahui seberapa besar peningkatan prestasi belajar transmisi pada Siswa
Kelas XI SMK N 4 Purworejo Tahun Ajaran 2015/2016 sesudah menggunakan
LKS.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian terdiri dari 2
siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian Siswa Kelas TKR A terdiri 28
orang. Analisis data menggunakan teknik presentase.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan 1) Pembelajaran materi sistem
transmisi pada siswa kelas XI SMK N 4 Purworejo Tahun Ajaran 2015/2016 yang
selama ini dilakukan menggunakan metode konvensional dan jarang sekali
menggunakan media pembelajaran. 2) Prestasi belajar materi sistem Transmisi
pada Siswa Kelas XI SMK N 4 Purworejo Tahun Ajaran 2015/2016 sebelum
menggunakan LKS diperoleh rata-rata 66,25 dengan ketuntasan 35,71%.
3) Prestasi belajar materi sistem transmisi pada Siswa Kelas XI SMK N 4
Purworejo Tahun Ajaran 2015/2016 sesudah menggunakan LKS diperoleh ratarata
72,68 dengan ketuntasan 57,14% pada siklus dan rata-rata 78,61 dengan
ketuntasan 89,29% pada siklus II. 4) Peningkatan prestasi belajar transmisi pada
Siswa Kelas XI SMK N 4 Purworejo Tahun Ajaran 2015/2016 sesudah
menggunakan LKS adalah 6,43 dari prasiklus ke siklus I dan 5,93 dari siklus I ke
siklus II.