Abstract:
Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar praktik motor bensin siswa kelas XI jurusan mekanik otomotif SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen Tahun Pelajaran 2015/2016, 2) untuk mengetahui hubungan lingkungan belajar dengan prestasi belajar praktik motor bensin siswa kelas XI jurusan mekanik otomotif SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen Tahun Pelajaran 2015/2016,dan 3) untuk mengetahui hubungan motivasi dan lingkungan belajar secara bersama dengan prestasi belajar praktik motor bensin siswa kelas XI jurusan mekanik otomotif SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen Tahun Pelajaran 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah ex post facto yaitu penelitian experimen yang juga menguji hipotesis, tetapi tidak memberikan perlakuan tertentu karena sesuatu sebab untuk memberikan perlakuan. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI program studi Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Taman Karya Madya Teknik yang berjumlah 158 siswa dengan jumlah sampel 158 orang. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan 1) ada hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar praktik motor bensin siswa kelas XI jurusan mekanik otomotif SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen Tahun Pelajaran 2015/2016 dimana thitung sebesar thitung sebesar 5,012 dengan p=0,000,2) ada hubungan lingkungan belajar dengan prestasi belajar praktik motor bensin siswa kelas XI jurusan mekanik otomotif SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen Tahun Pelajaran 2015/2016 dimana thitung sebesar thitung sebesar 3,483 dengan p=0,001 dan 3) ada hubungan motivasi dan lingkungan belajar secara bersama dengan prestasi belajar praktik motor bensin siswa kelas XI jurusan mekanik otomotif SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen Tahun Pelajaran 2015/2016 dimana Fhitung sebesar 21,918 dengan p=0,000.