Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan instrumen
penilaian sikap ilmiah berbasis self assessment yang layak.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE,
yang dilakukan dengan melibatkan subyek uji coba siswa kelas XI IPA 2 SMA N
5 Purworejo, siswa kelas XI IPA 3 SMA N 2 Purworejo, siswa kelas XI IPA 2
MAN 1 Kebumen, siswa kelas XI IPA 3 MAN Kutowinangun. Pengumpulan data
diperoleh dengan metode wawancara dan angket yang sebelumnya telah divalidasi
keabsahannya. Sedangkan analisis data menggunakan uji validitas isi melalui
telaah ahli, uji validitas konstruk dilakukan dengan analisis faktor konfirmatori
dan analisis reliabilitas menggunakan persamaan Alpha Cronbach untuk
mengetahui kelayakan instrumen yang dikembangkan.
Hasil uji validitas isi oleh dosen ahli mencapai persentase sebesar 79,23%
dengan interpretasi baik dan uji validitas isi oleh guru fisika mencapai persentase
sebesar 90% dengan interpretasi sangat baik. Sedangkan berdasarkan uji validitas
konstruk dengan analisis faktor konfirmatori diketahui keragaman total yang
mampu diterangkan oleh 8 faktor yang terbentuk sebesar 63,773% serta diperoleh
43 soal valid dimana setiap item sudah merujuk pada indikator yang telah
ditetapkan sebelumnya. Hasil uji coba lapangan diperoleh rerata skor 2,87 dengan
persentase sebesar 71,80% dan reliabilitas dengan nilai alpha sebesar 0,934 serta
diiketahui pula nilai standard error of measurement sebesar 0,096. Dengan
demikian instrumen penilaian sikap ilmiah berbasis self assessment dalam
pembelajaran fisika SMA layak digunakan sebagai instrumen penilaian sikap
ilmiah dalam pembelajaran fisika.