Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

“Pengembangan Instrumen Assessment Sikap Ilmiah Berbasis Self Assessment dalam Pembelajaran Fisika SMA”.

Show simple item record

dc.contributor.author Indriastuti, Feri
dc.date.accessioned 2018-02-12T04:37:19Z
dc.date.available 2018-02-12T04:37:19Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2132
dc.description.abstract Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian sikap ilmiah berbasis self assessment yang layak. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE, yang dilakukan dengan melibatkan subyek uji coba siswa kelas XI IPA 2 SMA N 5 Purworejo, siswa kelas XI IPA 3 SMA N 2 Purworejo, siswa kelas XI IPA 2 MAN 1 Kebumen, siswa kelas XI IPA 3 MAN Kutowinangun. Pengumpulan data diperoleh dengan metode wawancara dan angket yang sebelumnya telah divalidasi keabsahannya. Sedangkan analisis data menggunakan uji validitas isi melalui telaah ahli, uji validitas konstruk dilakukan dengan analisis faktor konfirmatori dan analisis reliabilitas menggunakan persamaan Alpha Cronbach untuk mengetahui kelayakan instrumen yang dikembangkan. Hasil uji validitas isi oleh dosen ahli mencapai persentase sebesar 79,23% dengan interpretasi baik dan uji validitas isi oleh guru fisika mencapai persentase sebesar 90% dengan interpretasi sangat baik. Sedangkan berdasarkan uji validitas konstruk dengan analisis faktor konfirmatori diketahui keragaman total yang mampu diterangkan oleh 8 faktor yang terbentuk sebesar 63,773% serta diperoleh 43 soal valid dimana setiap item sudah merujuk pada indikator yang telah ditetapkan sebelumnya. Hasil uji coba lapangan diperoleh rerata skor 2,87 dengan persentase sebesar 71,80% dan reliabilitas dengan nilai alpha sebesar 0,934 serta diiketahui pula nilai standard error of measurement sebesar 0,096. Dengan demikian instrumen penilaian sikap ilmiah berbasis self assessment dalam pembelajaran fisika SMA layak digunakan sebagai instrumen penilaian sikap ilmiah dalam pembelajaran fisika. en_US
dc.publisher Fisika/ FKIP en_US
dc.subject assessment, instrumen, sikap ilmiah. en_US
dc.title “Pengembangan Instrumen Assessment Sikap Ilmiah Berbasis Self Assessment dalam Pembelajaran Fisika SMA”. en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account