Abstract:
Penelitian ini bertujuan 1) mengetahui hasil belajar pada Kompetensi Sistem
Transmisi Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Ma’arif 5 Gombong yang
menggunakan model pembelajaran joyfull learning, 2) Mengetahui hasil belajar
pada Kompetensi Sistem Transmisi Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK
Ma’arif 5 Gombong yang menggunakan model pembelajaran konvensional, dan
3) Membandingkan efektivitas pembelajaran joyfull learning dibandingkan
pembelajaran konvensional pada Kompetensi Sistem Transmisi Kelas XI Teknik
Kendaraan Ringan SMK Ma’arif 5 Gombong.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan Pretest-Postest
Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI TKR
1 sebanyak 36 orang sebagai kelas eksperimen dan XI TKR 4 sebanyak 30 orang
sebagai kelas kontrol. Analisis data menggunakan uji t.
Hasil belajar pada Kompetensi Sistem Transmisi Kelas XI Teknik Kendaraan
Ringan SMK Ma’arif 5 Gombong yang menggunakan model pembelajaran
joyfull learning dengan rata-rata nilai pretest 67,33, rata-rata postest 79,17 dan
indeks gain 0,370. Pada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran
konvensional dengan rata-rata nilai pretest 67,73, rata-rata postest 74,93 dan
indeks gain 0,229. Pengujian hipotesis menunjukkan efektivitas pembelajaran
joyfull learning lebih tinggi dibandingkan pembelajaran konvensional pada
Kompetensi Sistem Transmisi Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Ma’arif
5 Gombong.